14 July 2010

Bos Dumper Rusak,Jalan Terasa Goyang Dangdut

. 14 July 2010

Jangan lengah sama kondisi bos dumper alias karet peredam teromol Honda Tiger CW alias Tiger pelek palang. Karet peredam atau bahasa londonya bush rear wheel dumper ada di kiri kalau posisi motor dilihat dari belakang. Jumlah bos dumper ada empat.

Sebaiknya dicek kalau ada beberapa gejala yang berarti karet penahan mesti diganti. “Kalau gir belakang sudah goyang meski sudah dikencangkan berarti karet sudah harus diganti,” jelas Venus Adha, Claim Service Head, PT Wahana Makmur Sejati, jaringan utama Honda untuk Jakarta dan sekitarnya.
Karet dumper bisa aus karena menahan baut pengunci gir belakang. Beban hentakan putaran mesin saat akselerasi dan deselari bikin kekuatan karet menurun. Memang, tidak ada patokan kapan mesti diganti.

“Tapi, kalau gir sudah goyang dan ada jeda berputar saat pindah gigi, berarti karet harus diganti,” terang Venus yang berkantor di Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Problem karet dumper di pelek palang Honda Tiger lantaran si pemiliknya menganggap bos tahan lama enggak perlu diganti. Di pelek jari-jari juga dipasang dumper. Tapi, risiko penggantian akan jauh lebih dulu karena beban pelek palang lebih berat dibanding pelek jari-jari.

Ada cara mengatasinya yang juga biasa dilakukan bengkel umum. Caranya pakai ring pengganjal yang dipasang di bagian luar lubang masuk baut gir belakang. Risikonya ujung paling luar baut lebih nongol sekitar 0,5 mm. Efeknya bisa kejadian bergesekan dengan ujung belakang lengan ayun.

Salah satu cara yang aman mending ganti bos dumper. Banderol empat karet penahan untuk yang versi genuine part enggak lebih dari Rp 30 ribu.


sumber:motorplus 

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com