29 July 2010

Cara atasi Keran Vakum Banjir

. 29 July 2010

 5026kran-vakum-adib-1.jpgDi motor bebek lama atau sport lebih sip jika menggunakan keran bensin tipe vakum. Seperti prinsip kerja di bebek Suzuki atau Yamaha. Bensin akan ngocor jika mesin hidup atau dislah besin baru ngocor. Nah, sistem kerja seperti itu bisa ditiru untuk motor sport atau bebek Honda yang belum terap keran vakum.

Keran model vakum mampu mengurangi beban kerja jarum pelampung. Apalagi jarum sudah lancip atau bermasalah dan bensin banjir. Kebanyakan model ujung jarum dari besi dan bukan dari bahan karet (gbr. 1). Jadinya susah diakali.
Nah, biar nggak alami seperti itu, Lusep Sugiharto mekanik plus modifikaktor Kahanan Motor kasih solusi. Apalagi sebagai tukang rombak motor, doi paham betul kondisi tersebut yang kerap dialami pelanggan.5027kran-vakum-adib-2.jpg

Lantas untuk menerap keran vakum punya motor bebek ke sport, diakuinya tidak begitu banyak ubahan. Apalagi kalau tunggangan dari awal sengaja ingin pasang karbu punya Honda NSR150 SP. Pasalnya, pemilik motor tidak perlu lagi membuat pipa sambung slang vakum di intake manifold. Namun tinggal memasang keran vakum di posisi yang pas agar mudah menghubungkan tangki, keran vakum hingga bak karburator.

“Tapi kalau tidak pakai karbu NSR150 SP, terpaksa harus membuatkan pipa seukuran slang keran vakum yang dijual sekitar Rp 25 ribuan di bodi intake seperti dilakukan pada motor bebek pada umumnya. Maksudnya sih, biar katup di dalam keran vakum dapat berfungsi normal saat motor sedang beroperasi,” imbuh bapak 2 anak ini.

Sementara itu bila menggunakan karbu Honda NSR150 SP atau karbu motor 2-tak yang ada pipa aliran oli sampingnya, Lusep menyarankan untuk memanfaatkan pipa tersebut. Agar dijadikan lubang aliran isap untuk memfungsikan katup di keran vakum (gbr. 2). Apalagi di motor jenis 4-tak, aliran oli tersebut tidak lagi difungsikan atau ditutup untuk menghindari kebocoran udara dari luar.

Maka dengan cara seperti ini, diharapan agar aliran bensin dari tangki tidak membuat jarum pelampung jadi gampang tumpul. Karena debitnya sudah diatur sedemikian rupa saat mesin sedang beroperasi. Sebagai tanda aliran bensin lancar terus . Yuuuu

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com