29 July 2010

Seting Rebound untuk balap

. 29 July 2010

4838suling-sok-dvd-1.jpgEnggak sedikit mekanik yang tambah volume oli sok depan. Tujuannya, untuk memperkeras daya redam sok. Jadi ketika motor direm sepakemnya, sok enggak langsung ambles. Tapi, cara ini kurang maksimal! Kinerja sok, masih kurang mumpuni buat rebound.

“Mainkan lagi peran suling sok. Jadi, rebound yang dihasilkan lebih sempurna,” saran Hardy, mekanik tim Honda Banten. Dengan modif suling, daya rebound jadi lebih lambat. Tidak langsung balik dan membuat sok mantul-mantul.4839suling-sok-dvd-2.jpg

Mantapnya, mekanik yang sekarang ini menangani pacuan Honda buat balap itu berbaik hati. Doi, berani kasih tips cara modif suling itu. Menurutnya, cara ini berlaku untuk semua motor.

“Lubang di suling sok standar, ditutup dulu dengan cara las. Setelah itu, dibuat lubang baru,” kata pria yang akrab disapa Kampret. Setelah lubang tertutup, tinggal bikin lubang baru yang diameternya sedikit lebih besar dari standar.

Jika diameter lubang standar 2 mm, dibuat jadi 3 mm. Jarak lubang juga lebih didekatkan. Kata Kampret yang gak bisa terbang itu, dari lubang suling bagian atas turun 3 cm. Sedang lubang bawah, naik 2 cm untuk bikin lubang baru.

Jangan lupa! Selain lubang harus tembus, posisi lubang baru ada di sisi berlawanan dengan lubang lama. “Sebenarnya bisa juga dibuat tidak tembus. Tapi lubang dibuat menjadi 4 dengan bentuk melingkar ke atas,” katanya.

Agar peran sok makin sempurna, ganjal per pakai 2 buah ring 12 sebelum menutup as sok. “Adanya tekanan berlebih, semprotan jadi tidak kosong. Volume oli sendiri, cukup sekitar 60–65 mm,” aku mekanik ramah itu.


sumber:motorplus

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com