30 August 2010

Data Penjualan Motor Bebek Smester I 2010

. 30 August 2010

Pada edisi kemarin, OM sudah membeberkan data penjualan motor pada smester I tahun 2010 ini. Namun belum terlalu rinci alias baru dari mereknya saja. Kali ini OM berikan info berdasarkan tiap varian dari tiap merek yang terdaftar dalam AISI. Langsung saja kita ke TKP nyok.
BEBEK

Seperti tahun lalu,pabrikan Honda masih jadi Raja Bebek dengan penjualan 920.974. Revo masih mendominasi kategori bebek dengan kapasitas mesin 100 – 115cc. Sepertinya masyarakat sedang berhemat ditengah harga minyak yang makin tinggi dan harga-harga semakin naik membuat para calon pembeli memilih Revo yang irit dan mudah dibawa. Jika lihat dijalanan,para pemakai Honda Revo sebagian besarnya adalah kaum hawa. Sementara Yamaha New Jupiter Z berada diposisi 2. Tampilan yang fresh dan performa yang oke berhasil mengatasi perlawanan Honda Blade yang merupakan rival utama dan yang sesuai dalam penjualan maupun dalam balap. Yang tak terduga adalah Yamaha New Vega ZR,berhasil nangkring diposisi 3 mengasapi Honda Blade dan Suzuki New Smash walaupun belum mampu mengalahkan Revo. Selidik punya selidik,bodynya yang ramping, enteng, penuh lekukan dan performanya oke,membuat ara pembelinya seperti nostalgia dengan motor 2 tak Yamaha,yaitu F1ZR. Setelah dipikir,memang bener juga sih.


Kategori 100-115cc

Revo                              515.026
New Jupiter Z                342.104
Vega ZR                        271.205
Blade                               98.053
New Smash                     25.381
   
Kategori 125cc ke atas

Supra x 125                   285.235
Jupiter MX 135LC        136.654
Satria FU150                  65.323
New Shogun                   39.748
Supra x 125 PGM F1     22.660

Untuk kategori 125cc ke atas, Supra x 125 meraih podium utama. Lagi-lagi karena makin tingginya harga-harga dan naiknya harga minyak mentah dunia membuat pembelinya memilih untuk berhemat. Namun adanya rem belakang yang sudah adopsi cakram,bisa jadi daya tarik tesendiri, akan tetapi rasanya kurang tepat juga karena Suzuki Shogun SP juga sudah pakai cakram rem belakang tapi penjualannya masih kurang greget. Sepertinya memang karena irit ya. Sedangkan Yamaha Jupiter Mx yang punya fitur lebih tinggi dan performa yang lebih oke,harus puas duduk di posisi 2. Masyarakat masih terbelenggu dengan irit. Yang agak disayangkan adalah Suzuki Satria FU150, sempat berada dipuncak penjualan pada beberapa tahun lalu,namun kini harus puas berada di posisi 3 tapi cukup lumayan mengingat harganya yang paling tinggi di antara bebek-bebek yang lain tapi mampu diposisi 3. Suatu prestasi yang membanggakan. Yang mengherankan adalah Honda CS1,bebek transover Honda ini penjualannya melempem (menurun. Red), padahal sempat tinggi penjualannya pada saat awal peluncurannya. Sepertinya kutukan produk gagal yang bersemayam di Honda Sonic, berlanjut ke CS1 yang notabene mesinnya memakai mesin Sonic. Bisa jadi karena masalah harga yang berada diantara Jupiter Mx dan Satria FU membuat calon pembeli tidak jadi memilih CS1 karena dirasa ”tanggung”.

Sekian dulu ya, dilain kesempatan akan OM lanjutkan untuk varian sport dan matik. Yang jelas ada pabrikan yang menguasai pada sport dan matik sekaligus.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com