04 September 2010

Rem cakram Belakang Honda Supra X 125 Bermasalah

. 04 September 2010

Kehadiran cakram belakang pada Honda Supra X 125, tentunya menambah gaya dan pengereman yang lebih baik. Tapi tentunya tidak mau kan cakramnya bermasalah,apalagi kalo ban jadi berat dan susah berputar dengan baik.Berikut langkah - langkah untuk membuat ban berputar dengan lancar.


1. Coba Saudara periksa kelurusan as roda, bisa dilihat dari jumlah strip yg terlihat di lubang sisi kiri & kanan mur&baut setelan rantai/as-roda pada swing-arm. jika jumlah stripnya tidak sama (bisa terjadi ketika menyetel ketegangan rantai&proses pengencangan mur&baut as roda sering kali posisi sebelah kanan/cakram bergeser lebih ke belakang), silakan disesuaikan kelurusannya dengan sisi kiri (posisi sprocket).

2. jika memang sudah lurus, periksa kampas rem (brake pad) apakah dia bisa "main" (menjepit ketika pedal rem di injak, & mengembang (tidak menjepit) ketika injakan dilepaskan). hal ini utk memastikan master rem bekerja dengan baik, jika tidak kemungkinan per piston master rem lemah & tdk mampu mendorong balik piston akhirnya kampas rem seperti mendapat dorongan terus menerus dr minyak rem & cenderung terus menjepit cakram.

3. Periksa juga keolengan cakram. apakah dia cukup lurus? hal ini dapat dirasakan saat motor jalan & saudara injak rem akan terasa di kaki seperti mengayun-ayun.

3 comments:

Unknown said...

saya beli supra x 125
baru 2 minggu dipakai rem cakram belakang berdecit bahkan semakin kencang ketika berjalan jauh
di bawa ke bengkel resmi honda mereka bilang karena kampas rem nya masih tebal
lama 2 juga nggak katanya
tp sudah sebulan masih juga bunyi..
gimana nih gan?

Roby said...

tanya mas, saya baru 2 minggu membeli sepeda motor honda supra x 125 cw, rem depan belakang cakram hidrolik. awal pemakaian kemudi agak ke kanan, saya cek ternyata roda belakang gak pas (settingnya gak sama kiri dan kanan), setelah dibenerin motor jadi enak, tapi masalah muncul, rem belakang malah bunyi, dan ketika motor jalan biasa, cakramnya panas, saya heran, roda dibenerin malah cakramnya yang gak pas. gmn caranya nyetel jarak antara kampas rem dengan cakram?... biar sedikit dilonggarin sehingga cakram gak terlalu terjepit, jadi gak panas dan gak bunyi.

Unknown said...

Tanya gan.....
Motor saya Supra X 125 FI ban belakang serat berputar ketika motor sudah berjalan beberapa kilo dan mesin panas, tapi setelah motor berhenti dan tidak berjalan ban belakang tidak serat lagi

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com