08 December 2010

Cara Seting Fokus lampu

. 08 December 2010

Sadar apa enggak, arah cahaya lampu depan suka geser ke atas waktu bawa boncengan. Apalagi kalau keseharian motor kerap dibawa sendiri tanpa ada boncenger. Akibatnya area penerangan jadi terbatas. Lantaran fokus cahaya enggak lagi ke jalan, tapi menyorot lawan.

Repotnya jika ini terjadi saat perjalanan jauh seperti mudik. Terlebih buat pengendara yang melakukan perjalanan malam hari, namun tak didukung penerangan memadai. Sehingga memaksa komponen vital ini perlu diseting ulang.

“Sebetulnya sih enggak perlu ke bengkel untuk seting fokus headlamp. Pemilik motor bisa lakukan sendiri meskipun butuh tandem buat bikin tepat cahaya juga bantu jadi boncengernya,” wanti Sunarya, mekanik Teguh Motor di Jl. Cipete Utara Raya, Jakarta Selatan.6376fokus-lampu-adib-2.jpg

Di motor bebek atau sport, hanya butuh kunci ring 8 meskipun alat ini tidak ada pada toolkit standar motor. Oleh sebab itu, kunci ini musti disiapkan dari luar atau bisa pinjam ke teman yang punya kunci lebihj lengkap.

Lanjut baut di bawah batok lampu dikendurkan, tapi tidak perlu sampai terlepas dari rumahnya. Baru kemudian motor dinyalakan untuk menghidupkan bohlam lampu. Bonceger pun dipersilakan naik di jok belakang.

Begitu nyala, arah sinar ke atas, headlamp diturunkan posisinya. Tapi, biar gak repot, pengendara di depan yang atur posisi yang pas dengan cara geser ke atas-bawah sebelum mur 8 dikencangkan.

“Makanya buka bautnya jangan terlalu kendur atau agak seret biar saat menggesernya gampang,” yakin bapak asli Cileunyi, Bandung ini.


sumber: motor plus

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com