14 January 2011

Banyaknya klep per silinder

. 14 January 2011

      Motor dengan 2 klep per silinder itu sih biasa, sudah banyak diaplikasikan di banyak motor. 1 klep masuk dan 1 klep buang terpampang di blok head tapi ada tidak ya yang aplikasi lebih dari 2 klep per silindernya??Tentu saja ada yaitu 3 klep per silinder yang terdiri dari 2 klep masuk dan 1 klep buang, kira-kira motor apa ya?Mocin...mocin merek Jamus (bukan jamur ya), mungkin ada yang sudah tahu mengenai motor ini. Blok headnya sudah ada 3 klep, asiknya bisa diterapkan ke mesin Honda C100 series seperti Grand, Supra x/fit karena dudukan tusuk satenya sama, jadi bisa langsung plek.

      Beberapa pedagang juga ada yang stok blok head 3 klep buatan Taiwan dengan rentan harga 1 juta - 1,5 juta, itu sudah termasuk blok head, klep dan per klepnya. Lumayan untuk menambah performa motor Honda C100 series. 2 klep sudah, 3 klep juga sudah, kalau 3 klep ada, berarti 4 klep juga ada dung?Yups tentu saja ada, yang ini sih OM yakin sudah banyak yang tahu, bahkan mungkin saja tunggangannya sudah 4 klep per silinder. Motor yang mengaplikasinya yaitu CBR150, Jupiter Mx, Satria Fu, Vixion. Terdiri dari 2 klep masuk dan 2 klep buang. Nah ada yang digerakan oleh 1 kem alias noken as alias camshaft, ada juga yang digerakan 2 kem. Tentunya semua mempunyai kelebihan dan kekurangannya, OM bahas yang 1 kem dulu ya. 1 kem mempunyai 2 bubungan yang masing-masing bubungan menggerakan 2 klep. 1 bubungan menggerakan 2 klep in dan bubungan yang lain menggerakan 2 klep out. Hal ini meminimalisir gesekan sehingga bisa lebih irit, namun keakuratannya masih dirasa kurang. Tenaga juga tidak sebesar yang digerakan oleh 2 kem. Kemudian untuk yang 2 kem, masing - masing klep digerakan oleh masing - masing bubungan yang ada di kem sehingga lebih akurat dalam membuka dan menutup klep, ujung-ujungnya tenaga jadi lebih besar. Tetapi terlalu banyak gesekan sehingga inilah yang membuat mesin DOHC menjadi lebih boros dari SOHC.

    4 klep sudah....kira-kira ada  tidak ya yang lebih dari 4 klep per silinder??Temukan jawaban pada postingan berikutnya ya, yang jelas akan membuat termehek mehek...loooh..salah..terkaget - kaget.

2 comments:

mesta said...

ada bang, yang 8 katup untuk 1 silinder. Honda nr 750..

http://www.motor-bike.it/wp-content/uploads/800pxovalpistonyi6.jpg

Bagaimana untuk motor ini ?

Go record said...

hehehe...itu motor gila amet ya, bagaimana mekanisme kerja kruk asnya ya??nanti ane masukin ke postingan berikutnya, sekarang lg nyiapin postingan yg 5 klep dulu...udh tau kan yg 5 klep apa?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com