22 February 2011

Launching Team Yamaha Tanpa Sponsor Utama

. 22 February 2011

Prediksi bahwa pada musim balap tahun ini Yamaha tidak mempunyai sponsor utama terbukti sudah. Setelah Valentino Rossi resmi hengkang dari skuad Yamaha, maka sponsor utama asal Italia, FIAT, resmi mundur. Nampak "magnet" Rossi ikut memberikan dampak yang kurang baik pada Yamaha. Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa FIAT menjadi sponsor utama karena ada Valentino Rossi di Yamaha.

SEPANG, Kompas.com — Yamaha membuka selubung motor baru YZR-M1 pada Senin (21/2/11) malam. Seperti yang sudah diduga sebelumnya, pabrik Jepang ini menggunakan "seragam" kebesaran Yamaha, yaitu warna biru, dan tidak ada sponsor baru untuk menggantikan Fiat.
Perusahaan mobil Italia, Fiat, meninggalkan Yamaha pada akhir musim lalu setelah Valentino Rossi memastikan diri angkat kaki dan hijrah ke Ducati. Setelah melalui serangkaian usaha dan negosiasi, Yamaha gagal mendapatkan sponsor baru sehingga mereka memutuskan untuk merayakan ulang tahun ke-50 penampilannya di arena balap motor dengan menonjolkan warna biru.


Peluncuran YZR-M1 baru ini dihadiri oleh juara bertahan Jorge Lorenzo, rekan setimnya asal Texas, Ben Spies, serta para manajemen Yamaha. Mereka mengambil kesempatan pada malam hari menjelang tes resmi kedua pra-musim MotoGP 2011 yang berlangsung di Sepang, Malaysia, pada 22-24 Februari ini. Meskipun tanpa sponsor, Yamaha tetap optimistis menghadapi musim baru. Duet Lorenzo-Spies diharapkan bisa kompetitif menghadapi tim Honda yang begitu dominan pada tes pertama awal bulan ini, serta Ducati, yang kini dihuni Rossi-Nicky Hayden.
Sejak 2008, Yamaha tampil sangat impresif. Bersama Rossi, mereka merengkuh gelar juara dunia pada tahun 2008 dan 2009 dan musim kemarin giliran Lorenzo yang menjadi juara dengan membuat rekor poin 383, tertinggi sepanjang sejarah MotoGP. Kini, Lorenzo-Spies yang dibebani tugas membawa Yamaha mempertahankan gelar juara pabrik dan tim yang diraihnya pada tiga musim berturut-turut pada 2010.

Yamaha akan mempertahankan gelar juara dunia MotoGP tanpa sponsor. Tim asal Jepang ini kesulitan mendapatkan pengganti raksasa mobil Italia, Fiat, yang mengakhiri kerjasama sponsorship setelah Valentino Rossi hengkang ke Ducati pada akhir 2010. Kesulitan Yamaha untuk menggaet investor baru pertama kali sudah dilaporkan oleh MCN pada bulan Desember lalu. Padahal, waktu itu mereka sudah melakukan pembicaraan yang cukup panjang dengan Petronas dan AirAsia. Jorge Lorenzo dan Ben Spies secara resmi akan membuka selubung YZR-M1 di Sepang, Malaysia, pada Senin (21/2/11), menjelang berlangsungnya tiga hari tes resmi pra-musim di sirkuit tersebut. Menurut MCN, takkan ada perubahan pada "seragam" Yamaha, sehingga pabrik Jepang itu akan tampil seperti pada tes resmi pertama pada awal bulan ini. Meskipun demikian, bos Yamaha Masao Furusawa tak mau peduli dengan kondisi tersebut. Malah, menurutnya, mereka akan tampil dengan warna kebesaran perusahaan, sekaligus memberikan keuntungan untuk tim yang akan merayakan ulang tahun ke-50.
"Ini adalah tahun penuh kenangan bagi Yamaha, yang merayakan ulang tahun ke-50 di arena grand prix. Pada 2004 saya mengatakan hal yang sama kepada Altadis (pemilik merek rokok Gauloises) bahwa saya ingin menghentikan sponsorship karena di 2005 saya ingin merayakan ulang tahun ke-50 Yamaha dengan warna perusahaan.

"Tahun ini adalah 50 tahun kami di arena balapan dan saya merasakan hal serupa. Pintu selalu terbuka bagi sebuah sponsor untuk datang, tetapi sebelum kami memperlihatkan merek kami dengan warna biru perusahaan. "Semoga tahun ini beberapa sponsor akan datang dan mengetuk pintu Yamaha, karena tahun depan saya benar-benar menginginkan sebuah sponsor."
Tanpa sponsor untuk tim MotoGP berarti, Yamaha, yang mendominasi MotoGP sejak 2008, akan mandiri dalam membiayai semua kebutuhan balapan pada musim 2011.




sumber:kompas

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com