19 May 2011

6 Kota Dengan Kemacetan Terparah

. 19 May 2011

Pemerintah menyatakan terdapat enam kota besar di Indonesia yang mengalami kemacetan yang cukup parah. Keenam kota tersebut adalah DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Denpasar.

"Tadi itu yang pertama kita bicara 6 kota metropolitan yaitu DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan serta Denpasar, kota-kota tersebut memang mengalami kemacetan luar biasa," ujar Hatta saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (19/5/2011).

"Tadi para gubernur yang mewakili memaparkan strategi pembangunan mengatasi masalah itu dan juga kita melihat progress jalan-jalan yang akan dibangun baik di pusat serta menteri PU-nya dan yang dikoordinasi oleh Menteri Perhubungan yang terkait dengan bandara, jalan menuju bandara, kereta api, pelabuhan dan semua terintegrasi bahkan sekarang MPA (metropolitan priority area) yang mengintegrasikan seluruh infrastruktur jadi tidak hanya masalah angkutan penumpang tapi juga logistik," ujarnya.

Selain itu, Hatta menyatakan perlunya pembangunan berdasarkan rencana tata ruang kota. Jika melanggar UU tata ruang tahun 2009 maka akan dikenakan pidana karena merupakan suatu pelanggaran.

"Ya di situ bagaimana power plannya bagaimana gas untuk industrinya di mana kawasan industrinya, di mana transportasinya dipatuhi maka kita bisa mengendalikan migrasi penduduk perpindahan penduduk perluasan lahan penggunaan lahan di mana kawasan industri di mana kawasan perkantoran itu semua mengacu pada tata ruang, kalau tata ruangnya kita penuhi saya yakin kita akan mengendalikan pembangunan tersebut," paparnya.

Ke depannya, Hatta menyatakan pemerintah kembali menerapkan rencana Electronic Road Pricing (ERP) sebagai pengganti 3 in 1 dan menghidupkan kembali lintasan kereta api.

"Ke depan ini bukan istilah pembatasan itu 3 in 1 ini diubah menjadi ERP. Akan dihidupkan kembali kereta api yang selama ini memang sudah ada relnya yang mati akan dihidupkan kembali," tegasnya.

Mengenai anggaran, Hatta tidak menyebutkan secara gamblang. Hanya saja dia yakin semua proyek tersebut telah disiapkan pembiayaannya.

"Saya gak bisa detil karena langkahnya banyak sekali, bangun jalan tol bayangkan tol ruas untuk 6 ruas itu saja Rp 50 triliunan, saya kira belum lagi yang lain, kereta api sekitar, circle line-nya sekitar Rp 5 triliun kemudian Bandara Soetta sekitar Rp 8 triliun, banyak sekali, tapi setiap sektor ada dananya kok," pungkasnya.





source by http://www.detikfinance.com/read/2011/05/19/130033/1642434/4/ini-dia-6-kota-dengan-kemacetan-terparah?991101main

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com