27 May 2011

Yamaha Bangun Pabrik Baru

. 27 May 2011

Rencana Yamaha Motor Company membangun pabrik baru di Indonesia akhirnya ditanggapi Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti yang sedang mempersiapkan pembangunan pabrik, tetapi masih dalam tahap awal.


"Kami baru beli sebidang lahan. Untuk bangun pabrik tidak mudah dan tidak bisa cepat,” komentar Dyon semalam tanpa menjelaskan lokasi lahan. Tujuan Yamaha melakukan investasi baru di Indonesia adalah agar dapat terus bersaing dengan  Honda. Pasalnya, kapasitas produksi Honda sudah  mencapai 4 juta unit tahun ini. Sementara Yamaha masih 3,6 juta unit.  Kalau ini yang terjadi, dipastikan Yamaha akan terus di belakang Honda!

Dyon menambahkan, investasi Yamaha di Indonesia berjalan seiring permintaan pasar domestik. Semula peningkatan produksi direncanakan pada 2010, tetapi terhenti karena prinsipal menilai masih ada sentimen negatif. Antara lain, kenaikan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan pajak progresif.
Yamaha Motor Company siap membangun pabrik ketiga di Indonesia dengan investasi segar 10 miliar yen atau Rp1,061 triliun. Seperti dikutip Nikkei, kapasitas Yamaha meningkat 10 persen atau 360.000 unit dari  tahun ini (3,6 juta unit) dan aktivitas produksi dimulai pertengahan 2012.

Kabarnya, lokasi pabrik baru berada di pinggiran Kota Jakarta (kemungkinan di Karawang, Jawa Barat). Sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Yamaha. Di Indonesia, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, ATPM Yamaha belum menyuarakan komentarnya.




sumber : nikkei, kompas

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com