28 June 2011

Spek Berubah Belum Tentu Spuyer Naik

. 28 June 2011

Ingin mendongkrak tenaga yang semakin loyo atau masih kurang puas dengan tenaga standarnya, tentunya harus mengganti part standar dengan part high performance alias part racing macam CDI, knalpot, karbu, noken as dkk.Penggantian tersebut akan berpengaruh kepada setingan karbu dan spuyernya.
Sebagian besar orang pasti akan menaikan ukuran spuyer dan menyeting karbu menjadi basah (lebih banyak bensin) dengan tujuan mendapatkan tenaga besar yang diinginkan. Padahal belum tentu benar loooh. " Dilihat dahulu dari apa saja part yang diganti. "Selama part yang diganti bukan part yang dalam mesin maka setingan spuyer dan karbu tidak banyak berubah." jelas Edi C dengan senyum khasnya, iya senyum lebar plus ketawa kecil.


Penjelasan di atas bisa saja benar. OM kasih contoh nyata di Yamaha Jupiter Mx 2010. Sudah ganti knalpot racing, cdi brt dualband dan karbu standar di reamer 2mm. Sebagian orang pasti berpikir spuyer yang terdiri dari pilot jet dan main jet ini harus naik tapi ternyata perkiraan tersebut salah. Dilihat dari warna elektroda busi ternyata berwarna hitam pekat,pertanda terlalu banyak bensin yang masuk keruang bakar dan tidak tuntas terbakar. 

Spuyer yang telah turun (maaf gambar blur ^_^)

Akhirnya didapatlah ukuran spuyer yang pas, pilot jet malah turun 2 step menjadi 15(ukuran standarnya 20) dan main jet turun jadi 100. Hasil pembakaran jadi lebih pas, warna elektroda busi berwarna merah bata dan knalpot racing tidak main "koboi"...hehehe...maksudnya nembak - nembak, kan identik sama koboi. Dites untuk berlari makin asik dan makin responsif, ya jelas karena pembakaran cenderung sempurna.

Merah bata setelah spuyer turun



merah bata kan

Dari foto tampak warna elektroda busi merah bata (walaupun ngeblur ^_^) tapi kenapa bisa seperti itu ya??Kenapa spuyer turun malah bagus pembakarannya? Setelah di analisa lebih lanjut, bisa jadi karena karbu standar jupiter mx yang sudah menganut akselerator, memberikan tambahan suplai bensin ke ruang bakar sehingga walaupun spuyer malah turun tapi masih terbantu oleh akseleratornya yang memberikan tambahan bensin di tiap bukaan grip gas.




0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com