31 July 2011

Entengin Grip Gas Jupiter Mx yang berat yuk

. 31 July 2011

Yamaha Jupiter Mx 135Lc punya satu kendala yang kerap ditemui, yaitu grip gasnya berat. Tenang aja mas bro, tidak usah panik ataupun cemas. Ada solusinya kok asalkan kita tahu apa penyebabnya. Yup, biang keladinya ada dikabel gas yang bercabang 2 sehingga dalam tarikan grip gas harus menarik 2 kabel secara bersamaan.
Dibagian karburator Jupiter Mx total ada 3 buah, satu untuk kabel choke pada bagian kiri karbu dan kabel gas yang bercabang jadi dua dibagian tengah dan kanan karbu. Cara paling gampang adalah melepas kabel dibagian kanan karburator, dijamin bisa enteng grip gasnya tapi tunggu dulu. Jika diperhatikan, kabel gas yang
bercabang jadi 2 itu pada bagian kanan ternyata kabel pompa akselerator yang berfungsi memberikan tambahan bahan bakar sesuai bukaan grip gas. Ups...jika dicopot maka tidak ada tambahan tenaga dung?Jadi harus bagaimana nih?


Solusinya bisa dengan menyetel kabel pompanya, cara menyetelnya hampir sama dengan menyetel stelan kopling yang di stutan kopling. Pertama siapkan 2 kunci pas 12, kemudian buka dek tengah. tempatkan 1 kunci pas 12 pada baut atas dan 1 lagi pada baut bawah. Lalu salah satu kunci bertugas untuk menahan dan satu lagi bertugas memutar. contohnya jika kunci yang atas yang menahan, maka kunci bawah yang bertugas mengendorkan. Begitu baut bawah sudah kendor, tinggal tarik kabel pompanya sebanyak 2-3 ulir ke atas. Jika sudah ditarik, maka langsung kencangkan baut bawahnya agar kabel tidak turun lagi. Setelah itu kencangkan baut yang atas. Biar enak dan mudah dipahami, lihat rinciannya saja ya.








Alat-alat :
kunci L ukuran baut jupi mx, obeng plus, 2 kunci pas 12 (jika hanya ada satu juga tidak apa)

1. Buka dek tengah dengan membuka baut plus dibagian dek dan 2 baut L di bawah jok di kanan kiri aki.
2. Tempatkan 1 kunci pas 12 pada baut atas dan 1 lagi pada baut bawah
3. Kunci atas menahan pergerakan membuka kunci bawah sehingga baut bawahnya kendor
4. Tarik kabel pompa sebanyak 2-3 ulir ke atas
5. Kencangkan baut bawah sambil menahan dengan tangan kabel pompa yang sudah naik
6. kencangkan baut atas sambil tahan baut bawah agar tidak bergerak
7. Pasang kembali dek tengah
8. Tes jalan, jika hanya tes di tempat tidak terasa perbedaannya

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com