13 August 2011

Buat Kampas Rem Jadi Lebih Pakem

. 13 August 2011

Rem merupakan piranti penghenti laju kendaraan yang sedang bergerak. Tugasnya sangatlah penting agar kita dapat mengurangi atau menghentikan laju kendaraan sesuai dengan keinginan kita. Berfungsi juga sebagai alat keselamatan agar tidak menabrak sesuatu disekitar kendaraan.

Jangan pernah menyepelekan rem karena tidak sedikit kecelakaan terjadi karena rem tidak berfungsi dengan baik alias blong sehingga menabrak kendaraan yang didepannya atau masuk jurang...hiiii....atut kan?? Selain rem blong, rem tidak pakem adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Lagi asik-asik berkendara..eh..didepan ada orang menyebrang, mau direm tapi tidak pakem dan akhirnya menabrak orang tersebut saudara-saudara sekalian.

Tentu hal tersebut tidak ingin kita alami kan?Rem tidak pakem biasanya disebabkan oleh kampas rem yang sudah mulai habis. Solusinya tentu menggantinya dengan yang baru, Inget ya pakai yang asli dan baru. Namun kadang sudah diganti kampas remnya masih tetap tidak pakem. Tenang mas bro semuanya, bisa terapkan cara berikut ini.
Kita akan membuat alur pada kampas rem. Kampas rem untuk cakram biasanya sudah mempunyai alur untuk membuang kotoran tapi bagaimana dengan kampas rem untuk yang tromol? Iya ini mau dijelaskan. Tentunya kita bisa meniru hal tersebut di kampas rem tromol. Hal ini juga sudah diterapkan pada kampas rem tromol yang bergenre racing.
Dengan bermodalkan gergaji besi, kita bisa membuat seperti kampas rem tromol tersebut. Yuk ikuti langkahnya.
1. Siapkan gergaji besi ( akan lebih baik jika ada pegangannya)
2. Lepaskan kampas rem jika masih nyangkut di roda atau jika ada persediaan yang lain juga boleh.
3. Kain gombal yang dibasahkan atau tisu yang dibasahkan atau pakai kanebo juga bisa
4. Buat 3 garis alur menyamping secara halus(tipis) terlebih dahulu. Gunanya sebagai jalur gergaji agar menggergajinya lebih mudah dan tidak melenceng-melenceng. Caranya buat alur tipis, posisikan gergaji dalam keadaan menyamping seperti dalam gambar, kemudian ditekan sambil pelan-pelan digesekan dari ujung atas.
5. Jika sudah, mulailah menggergaji hingga ketiga alur tersebut mencapai kedalaman 1mm.
6. Kemudian lap kampas rem dengan kain yang sudah dibasahkan(jangan terlalu banyak ya membasahkannya). Lalu lap lagi dengan kain yang kering agar kampas rem benar-benar kering. Tujuannya agar kotoran dan partikel bekas gergajian tidak menempel dipermukaan kampas rem.
7. Pasang lagi kampas remnya.



2 comments:

Robo said...

ijin kopas ya. kebeneran sama tips n tricknya buat share ke temen ane. :p

OprekMotore said...

oke blh bro....

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com