29 September 2011

Analisi Keraguan YMKI Terhadap R15 Version 2.0

. 29 September 2011

Yamaha R15 version 2.0 memang sangat fenomenal. Walaupun peluncurannya di negara asal Bollywood tapi mampu membuat heboh di Indonesia dan kehadirannya sangat dinanti. Namun kehadiran R15 di Indonesia memiliki kemungkinan yang sangat kecil. YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) ragu untuk melaunchingnya dimari walaupun animonya sangat besar.
 
Pada akhirnya YMKI menegaskan akan fokus ke Byson dan Vixion walaupun kemungkinan akan hadir di Indonesia tapi tidak tahu pada tahun berapa akan muncul. Nah yang jadi pertanyaan, kenapa YMKI terlihat ragu?
OM mempunyai 4 poin yang menjadi 2 opini, yaitu harga, kapasitas produksi, selera dan pasar. YMKI sepertinya paling ragu pada harga jualnya dan berhubungan erat dengan kapasitas produksi. Lah...memangnya kenapa OM berhubungan dengan kapasita produksi?Iya sabar ini mau dijelasin. YMKI tidak mungkin memasarkan R15 version 2.0 dengan harga yang sama dengan di India. Penyebabnya karena harga jual motor sport kelas mid end di Indonesia saja sudah di atas 18 juta rupiah, tidak mungkin kan harga motor high end sama dengan mid end walaupun sebenarnya kita sebagai konsumen malah kepengen seperti itu...hehehe.

Tapi jadi iri juga ya sama India tapi ya apa boleh buat, perkembangan ekonomi India jauh lebih baik dari Indonesia. Jika R15 di keluar dalam bentuk CKD pada tahun ini juga kecil kemungkinannya karena kapasitas produksi untuk tahun 2011 ini sangat terbatas. Ga lucu kan jika harus inden lama seperti Byson? Kemungkinan yang lumayan besar adalah impor langsung dari India alias CBU. Rentang harga yang pas adalah di atas 30 juta rupiah dan dibawah 33 juta rupiah. Di bawah 30 juta rupiah tidak mungkin karena akan memakan Vixion dan juga tidak mungkin di atas 33 juta karena orang akan memilih lawan. Tapi harus dengan syarat, yaitu sang lawan tidak di CKD kan karena ada kemungkinan lawan di CKD jika Yamaha R15 meluncru dimari.

Berdoa sajalah jika kapasitas produksi pada tahun depan benar meningkat, maka R15 bisa meluncur atau yang sudah tidak sabar bisa membangun Yamaha R15 "wannabe" .

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com