01 October 2011

Dari Dua menjadi Satu Kaliper

. 01 October 2011

Piranti penghenti laju kendaraan atau bahasa kerennya adalah rem, juga tidak luput dari perubahan yang ada di Honda Supra X 125 Helm In.Untuk rem belakang tidak ada perubahan, masih cakram dengan satu kaliper. Yang berubah adalah rem depan, pada Honda SUpra X 125 lama menganut cakram dengan 2 kaliper. Sementara Honda Supra X 125 Helm In menggandeng cakram dengan satu kaliper. Yups...dari yang awalnya 2 kaliper untuk rem depan menjadi satu kaliper saja. Ada apa gerangan? 
Bisa jadi karena AHM sudah sadar bahwa walaupun hanya satu kaliper pada rem cakram depan,untuk motor bebek dan matik dengan kapasitas mesin dibawah 150cc masih lebih pakem daripada yang 2 kaliper. Pada kenyataannya memang 1 kaliper lebih pakem dari yang 2 kaliper dikarenakan karena luas penampang piston yang menekan cakram lebih luas, ditambah lagi tekanan dari master juga lebih tinggi sehingga menjadikan lebih pakem. Selain itu dengan satu kaliper juga menghindarkan dari penyakit yang bernama piston kaliper macet, ngebagel.
Di cakram yang pakai 2 kaliper sering ditemui masalah salah satu pistonnya macet sehingga tidak jarang cakram jadi kemakan sebelah atau bisa jadi tidak pakem karena hanya satu kaliper saja yang menekan cakram, tergantung dari macetnya pas lagi menekan cakram atau malah tidak menekan cakram ya. Ngebagel juga sering ditemui, ngebagel itu adalah saat kita mengrem tapi tidak pakem walaupun sudah menekan tuas rem dengan keras. Dan yang terakhir bisa juga karena ongkos produksi satu kaliper lebih murah, hal ini juga lah yang menyebabkan harga Honda SUpra X 125 Helm In sama dengan yang lama. Karena alasan-alasan tersebut kita bisa melihat segmen matik dan bebek Yamaha sudah lebih dahulu mengaplikasikan rem depan cakram dengan 1 kaliper dan karena itu juga Yamaha berani memakai tagline "Semakin Di Depan"

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com