24 November 2011

CDI BRT DualBand Tinggal Kenangan

. 24 November 2011

Ketika asik berkendara bersama Yamaha Jupiter MX, tanpa ada angin tanpa ada hujan tiba-tiba motor mati sendiri. Dinyalakan kembali dengan elektrik stater maupun kick stater tidak mau menyala juga. Waduh.... karena apa ya?Cek bensin, ternyata masih ada. Aki lemah?Ngga karena untuk bunyi klakson masih lemah  dan sein menyala dengan normal.Nah loooh...apa ya?Busi juga tidak mungkin karena biasanya brebet, gap celah busi juga ga mungkin rapat karena bakalan tidak hidup dari awal dinyalakan.Busi, bensin, aki aman. 
Liat indikator suhu mesin kok berkedip tidak normal, berkedip terus dengan interval 1 detik nyala. Berarti fokus bagian pengapian nih, oke deh cek lagi.Sekring aki coba ganti baru tapi masih ga ada hasil. Kiprok, spul, Koil juga OM tidak fokuskan karena umur sepeda motor masih dibawah 2 tahun. Akhirnya dorong dulu deh ke rumah biar bongkarnya lebih enak...lumayan juga ya dorong sepanjang 1 km, maknyoooosss. Setiba di rumah langsung ngasooo dulu aahh..air putih segelas gede langsung abis, kipas angin langsung dinyalakan paling kencang.Ngademin otak ma badan dulu ah. 15 menit berlalu dilalui sambil mikir apa yang jadi biang keladinya, akhirnya cek kabel dan soket-soket dan ternyata tidak ada masalah.

Biang keladi
Kemungkinan selanjutnya adalah CDI, kecurigaan makin besar setelah inget CDI yang dipakai adalah BRT Dualband versi pertama kali keluar. Oke ambil CDI Standar, ambil peralatan, bongkar tebeng depan yang jadi tempat bersemayamnya CDI. Tebeng sudah terlepas dan terlihatlah otak dari sepeda motor yang berwarna hitam kotak yang punya 2 soket. CDI BRT dilengserkan dan cek fisiknya, wah tidak melendung yang berarti tidak ada masalah dari spul, kiprok dan aki.Oke diganti CDI Standar (Oh iya pengganti CDI dengan keadaan kontak off). CDI standar telah terpasang dengan manis, saatnya mencoba dah. Sebelum putar kunci kontak ke ON, sejumlah doa dipanjatkan dan akhirnya dengan bacaan bismillahirahman nirohim
diputarlah kunci kontak ke ON dan apa yang terjadi? Lampu indikator suhu nyala dengan normal yang ditandai dengan menyala selama 3 detik lalu mati. Pertanda yang bagus nih, pencet elektrik stater dan mesinpun kembali menyala...hoooreeee ^_^. 

Ternyata biang keladinya ada di CDI BRT DualBand yang sudah melemah dikarenakan umurnya, bukan karena ada part pengapian yang rusak. Maklum umur CDInya sudah 4 tahun lebih, bisa dicek melalui gambar. Terlihat tanggal pembuatannya 03/26/2007 (26 Maret 2007), OM pakai mulai dari April 2007 jadi sudah 4 tahun 6 bulan telah menemani OM.

Tanggal pembuatan
Hiks...hiks...agak sedih juga tapi ya diikhlaskan saja ya. Hehehe...terima kasih mau membaca sampai akhir postingan bodoh OM. Semoga bisa diambil hikmahnya plus diambil infonya dan dibuang yang jeleknya. ^_^




letak CDI



38 comments:

Anonymous said...

Misi kang,... mw nanya2 nih....

Saya menggunakan CDI BRT Dual band u/ yamaha Byson
baru saya pakai seminggu lebih, pas pagi motor mau di pakai nyala bentar, masukan gigi tiba mati, dan motor tidak mau nyala lg.
saya coba ganti dg CDI orinya...motor nyala dan bagus.

- Knp ya bisa bgitu, klo salah pasang kan kmungkinan pas abis pasang mesin ga nyala, lagian CDInya kan tinggal colok gtu PnP.???

mohon bantuannya kang.....

Go record said...

maaf bro baru bls...
belinya baru atau seken bro?klo seken, bs jd pd pemakaian terdahulu ada konsletin listrik, jd mengganggu cdinya. tapi klo baru, bs saja itu cdinya ga ori brt bro atau bs jd ada ccd produksi.

iya bro klo memang slh psng shrnya dr awal udah ga nyala dan iya tinggal colok aja kok tp sesuaikan jg dgn soket2nya.

saran ane,cb liat diboks blkngnya.biasanya ada tgl buatnya,tktnya trnyta udh buatan lama itu bro.kmudian jika memang bnr2 baru, mas bro cb ke toko tmpt mas bro beli krna biasanya ada garansi 1 thn bro. oh iya, biasanya jg ada toko yg mau ngurusin garansinya tp da jg yg nyuruh ke cibinong(tmpt pembuatannya).nah klo disuruh ke cibinong, lebih baik ente tlpn ke CP BRT dan ceritakan mslh ente bro dan mudah2an dpt diperbaiki atau dignt baru.

Risman Nur Fajar said...

kho itu dualband,a di aktifin bro!? klo yg saya malah blm di apa2in dualband,a malah lancar jaya.. he

Go record said...

@Risman: selama CDI BRTnya asli dan ga salah pasang, walaupun dualbandnya ga diaktifkan tak ada masalah. tapi agak mubazir krna ga bisa pindah2 kurva.

Skai Shade said...

Sorry bro numpang nanya, motor sy vario 110. Udh bored up, pertama distarter lancar2 aja. Tp udh 3 bulan, sekali starter mesin ga kuat ngangkat. Dan sy pakai cdi powermax dualband. Pernah dicoba ganti cdi standard lgi, tp malah ga mau hidup. Padahal sebelumnya cdi standard sy masih bagus. Kira2 apa ya penyebabnya?

Unknown said...

Kan kok motor ane gak idup malahan kpas radiator yang idup mesin gak idup di stater gak bisa di kik stater samma cdi pake BRT. Dualband juken3 baru beli tinggal colok tp kok gak idup kenapa gan ?

wiguna said...

Motornya new vixion ligthning

rajendra said...

Gan Mau Tanya kl misalakan Aki bagus di starter juga bagus tapi CDI BRT dual band Masih nyala lampu birunya knp ITU ya makaseh

Febri Dwi said...

Mau nanyak mas bro ni saya baru saja beli cdi brt power max stelah kunci di on lampu indikator yang biru hidup trus.saya lihat yang punya temen saya kunci di on indikator biru hidup setelah 2-3 mati.knapa punya saya gk mati sebenar nya mna yg benar mas bro? Mtor nya klx 150

Febri Dwi said...

Mau nanyak mas bro ni saya baru saja beli cdi brt power max stelah kunci di on lampu indikator yang biru hidup trus.saya lihat yang punya temen saya kunci di on indikator biru hidup setelah 2-3 mati.knapa punya saya gk mati sebenar nya mna yg benar mas bro? Mtor nya klx 150

Zaenal Arif said...

Berarti ada kelainan pada kelistrikannya kan ada di buku petunjuknya

Zaenal Arif said...

Berarti ada kelainan pada kelistrikannya kan ada di buku petunjuknya

Iqbal PrAsasti said...

Pakai cdi brt. Apa harus pasang aki???

Iqbal PrAsasti said...

Pakai cdi brt. Apa harus pasang aki???

Ade Stober said...

Itu aki nya broo.. coba aja ganti aki baru pasti beres.. abang saya uda ngalamin di klx nya..

Wisnu Wijayanto said...

cdi brt power max bikin aki saya tekor dan rusak masalahnya sama kayak mas bro ceritakan habis motor gk bisa nyala pengapian mati

santoso imam said...

Brow mau nanya..cdi brt dual brand..tanpa aki motor kok gak bisa nyala...

Unknown said...

Mau nanya nih. Saya beli motor bekas udah pake cdi brt hyperband. Masalahnya klo perjalanan jauh motor suka mati. Tapi ngga lama sekitar 5 detikan nyala lagi tuh motor. Pas saya ganti cdi ngga ada masalah tuh motor. Kira kira cdi nya knapa ya

Giok said...

Mohon pencerahannya suhu,saya baru beli BRT dualband TR non aho warna putih beli online di Modif1.
Itu BRT klo mesin fu ane dingin kok ngak mau nyala mesin nya meskipun di sela sampai beberapa2kali tetep mesin ngak mau nyala,pdhal lampu CDI nyala normal.Apalagi di saat pagi hari mau panasin motor,itu BRT ane lepas dulu dan ane ganti pasang CDI standart utk panasin mesin di pagi hari ampek panas,lalu ane pasang CDI BRT nya baru itu CDI BRT mau nyala.Pdhal ngak ada yg konslet kabel2 body atao kabel yg lain,malahan pagi hari ane cek busi kgak ada setrum masuk di waktu keadaan BRT masih nempel di motor fu ane.Tapi ane ganti CDI standart lgsung ane sela tanpa lama mesin mau nyala.....
Mohon pencerahan nya suhu,ane beli CDI itu ori beli baru

Unknown said...

Mau tanya gan.. Motor fu sya kalu pake cdi brt hiperband. Kalo di gas brebet kaya bensin abiss

imam ma'ruf said...

Cdi brtnya sdh lemah.

imam ma'ruf said...

Mungkin ada part racing yg dipake seperti busi racing.kop busi racing.koil racing dan semua ini tdk cocok dengan cdi brt. Semuanya itu hrs bawaan motor/ pabrik

imam ma'ruf said...

Apakah agan pk part racing seperti busi kop busi dan koil racing ?

Anonymous said...

Oh om kalo cdi brt harus pake busi+koil yang ori bawaan motor.
Pantesan ane beli cdi brt mesin gk mau nyala padahal di pasang di motor temen saya cek gur normal?

Anonymous said...

om,ciri" cdi brt mati kaya gimana ya ? apakah kalo cdinya rusak lampu indikator nya mati semua ? atau hidup lampu indikator nya ? ane baru beli cdi brt second,tapi ga mau nyala motor ane, tapi lampu indikatornya nyala. itu cdi rusak apa bagaimana ?

Ari Winarno said...

Gan..apa betul honda vario kalo cdi nya di ganti cdi BRT jadi tak bisa di starter harus di engkol...kalo iya apa penyebabnya

oprek motor said...

@skai shade, Distarter ini maksudnya pakai elektrik starter atau kick starter ya? kalo maksudnya elektrik starter, coba cek kondisi akinya pakai multitester. Bila keadaan sehat, dalam posisi kontak off maka tegangan aki tidak di bawah 12v. Bila di bawah 12v, itu gejala kondisi aki sudah mulai melemah. Cara menyehatkannya, bisa dengan minimal panaskan mesin selama 5 menit dan tentunya langsam ada di kisaran 1400-1600rpm. Atau bisa juga distrum ulang, biayanya kisaran 5rb-10rb.

Mumpung lagi cek aki, coba nyalakan mesinnya dan cek tegangan aki. Normalnya sih akan naik jadi 13v-14v, bila lebih dari 14v maka ada kemungkinan kiprok sudah mulai lemah atau ada yang kurang beres sama kiprok. Kalo malah tetap saja di 12v, maka ada kemungkinan kemampuan spul untuk mengirimkan pasokan listrik sudah melemah.

Kalo ternyata aki sehat, coba deh cek businya. Cara paling mudah adalah dengan menggantinya, kan tergolong murah karena tidak lebih dari Rp 20.000 untuk busi standar. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan listrik yang keluar dari elektroda busi. Bila putus2, apalagi berwarna merah, itu pertanda busi sudah melemah. Tapi cek juga celah di antara elektrodanya karena bila terlalu rapat, maka ada kemungkina jadi susah hidup. Standarnya sih ada di 0.08mm - 0.1mm. Sekalian juga cek langsamnya, bagusnya ada di antara 1400rpm-1600rpm. Kalo kurang dari itu,bisa juga yang jadi penyebab susah dinyalakan mesinnya.

Kalo masih ngga bisa juga, Mas bro ini bore upnya sampai naik jadi berapa CC? Usahakan pasokkan bensin jangan kurang Bro. Selain Mas bro sudah bore up, Mas bro juga sudah pakai CDI BRT yang notabenenya bisa meningkatkan kemampuan dalam pengapian.

oprek motor said...

@unknown, Maaf bro, mohon tanda bacanya digunakan karena ane jadi bingung sendiri bacanya. Pertama coba cek kembali, apakah CDI BRTnya sudah sesuai peruntukkan dengan motornya belum? Ada kemungkinan tidak sesuai bro, contoh misalnya, Mas bro pakai CDI BRT versi Satria F AHO tapi motor mas bro Satria F bukan AHO. Naahhhh....takutnya antara soketnya kan beda.

Kalo ternyata sudah sesuai peruntukkan dan Mas bro belinya benar2 dalam keadaan baru dan ORI, silakan telepon call center yang terdapat di belakang boksnya.

oprek motor said...

@rajendra dan @febri, Ada kemungkinan konsleting atau soket kendor dibagian2 tertentu. Nah untuk tahu di mananya, kudu cek satu2.

oprek motor said...

@wisnu, Selama ane make CDI BRT, belum pernah aki tekor karena CDI. Mungkin....awalnya aki sudah tekor, nah pakai CDI BRT jadi ketahuan / mempertegas kalo aki mas bro tekor. COba distrum ulang, biayanya 5rb-10rb.

@unknown, Itu pertanda CDInya emang sudah harus ganti. Bisa jadi umurnya hampir sama seperti CDI ane.

Unknown said...

Gan mau nanya saya beli cdi brt dual band dan pas di gas poll limit keluar di rpm 9?

Unknown said...

Mas numpang nanya ,katanya kalau vixsion udah pasang cdi brt gak kan pakek limit, tapi punya saya kok masih ada ,gimana cara biar gk limit apa yang harus saya ubah , dan knapa setelah pasang brt kok motor saya ngebul asap putih .......?

Diqki said...

Gan mau tanya...
Motor saya satria fu tahun 2011
Pakai cdi brt dualband TR...
Selama ini normal,ntah kenapa habis kehujanan jarum RPM jadi gak stabil..
Ketika netral jarum rpm fungsi...
Pas gear 1-5 jarum rpm mati(gak fungsi)
Waktu gear 6(top gear) jarum rpm nyala lagi...
Itu kira" knpa ya?
Mohon infonya...
Makasih

Unknown said...

Saya mau nanya nih bos, saya pake cdi brt dualband.lah kok lampu yang kuning engga nyala gimana ya

Unknown said...

Saya pake cdi brt dualband nih, kalo lampu indikator warna kuning enggak nyala gimana,padahal udah ada saklar buat pergantian kurva 1 ke 2

Anonymous said...

sama kyk byson saya gan

Nando said...

Sama punya saya juga gitu bro

Rinaldi said...

Bro nando udh ketemu solusi nya?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com