05 December 2011

Review Oli BM1 P-1000

. 05 December 2011

Oli mesin dari berbagai merek membanjiri Tanah Air kita, dari dalam negeri maupun luar negeri sudah banyak macamnya sehingga membuat bingung mau memilih yang mana.Dan kali ini OM akan mencoba oli made in BM1.Dipilihlah BM1 P-1000 yang punya viskositas 15w-50 JASO MA dengan API SJ.Aditifnya PC-AFA.
Langsung saja odometer yang saat itu telah mencapai 18115km dicatat sebagai patokan awal pemakaian BM1.Bungkus oli BM1 tergolong unik, berbentuk kubus untuk bungkus luarnya. 
Awalnya heran juga karena bentuknya yang kubus tapi dipegang kok lembek, seperti apa rupa aslinya. Dibukalah bungkusnya dan ternyata masih ada bungkusan lagi. Kali ini berbentuk seperti bungkus refill, contohnya ya seperti bungkus kecap, pembersih piring dan lainnya yang berbentuk cairan.Oke, dibuang terlebih dahulu oli sebelumnya yang sudah waktunya diganti. Saran OM untuk membuka baut pembuangan oli, pakailah kunci torsi karena jika pakai kunci pas dikhawatirkan kunci pas malah ke makan, selain itu pakai kunci torsi lebih mudah membukanya. Ukuran yang dipakai adalah 19.

Jangan lupa sediakan wadah di bawah lubang pembuangan. Jika baut pembuangan telah terbuka, tunggu oli keluar semua dan buka tutup pengisian oli. Baiknya melalui lubang pengisian, disemprot pakai angin kompresor  agar oli benar-benar keluar semuanya, jika tidak ada ya pakai pompa biasa atau bisa juga ditiup pakai mulut bagi yang nafasnya kuat..hehehe(bagi yang tidak mau repot, bisa ganti oli dibengkel ya ^_^). Kemudian ada baiknya kita nge-flush karena zat aditif antara oli sebelumnya dengan oli BM1 pastinya berbeda.
 
BM1 P-1000 mempunyai volume 1 liter,sementara kelinci percobaan kita hanya butuh 800ml oli. Jadi 200ml bisa kita pakai untuk nge-flush terlebih dulu. Cara ini memang tidak seefektif dengan cairan yang memang untuk nge-flush tapi ya lumayanlah biar dalaman mesin bisa berkenalan dulu dengan oli BM1.Tuangkan oli ke dalam gelas air mineral. Biasanya gelas air mineral punya volume 220ml, jadi kita isi jangan terlalu penuh agar bisa dapat 200ml.Jangan lupa tutup baut pembuangan olinya ya.Lalu masukan oli 200ml ke mesin dan tutup lubang pengisiannya. Nyalakan mesin dan biarkan selama 3-4menit agar oli BM1 bisa beredar ke seluruh bagian(walaupun cuma sedikit). Setelah itu matikan mesin dan kuras kembali olinya sampai tidak ada lagi yang keluar. Selanjutnya tinggal masukan deh seluruh oli BM1 P-1000.

Dari apa yang OM rasakan, awal pemakaian mesin terasa lebih halus, tidak mudah panas karena oli tergolong kental, perpindahan gigi lancar, tidak ada gejala selip kopling. Memasuki 1000km dari awal pemakaian, mesin sudah mulai lebih cepat panas, suara sudah mulai kasar tapi perpindahan gigi masih lancar, selip kopling belum terjadi.

Ada hal yang menarik, ketika menginjak 1400km, panas mesin yang dirasakan seperti saat awal pemakaian padahal ketika 1000km panas mesin jadi lebih panas.Yups sekian dulu ya, tunggu final reviewnya ketika 2000km.





19 comments:

Anonymous said...

untng smpt bc ini dlu, jd mkin yakin tuk jajal dah...
thx OM

Priy naknuk said...

makash tipsnya ya om..

andris pradita said...

Kalo untuk matic honda beat yg tipe gimana ya

Go record said...

@andris: Bm1 pc1100 bro

Rifki Afandi said...

Bwt motor sport new megapro type oli bm-1 yg mana bos?

Anonymous said...

saya pake oli ini yg 1 liter untuk new jupiter mx tahun 2011. mantap

Adi Black said...

kemarin saya ganti oli, dimasukin oli ini saya kira bermasalah. karena sebelumnya saya pake BM-1 1300. thnxs infonya

Adi Black said...

kemarin saya ganti oli, dimasukin oli ini saya kira bermasalah. karena sebelumnya saya pake BM-1 1300. thnxs infonya

Anonymous said...

Aku pake oli bm 1 sejak tahun 2006,pc 3000 untuk megapro dan bm 1 matic untuk suzuki nex alhamdulillah smp skrg gk ada masalah

harga oli shell said...

Sebelumnya saya belum pernah nemuin oli jenis ini

Dinda Amarrandi BM1 said...

Terima kasih atas kepercayaannya menggunakan Produk BM1 Oil.
Untuk lebih jelas (Tanya Jawab) bisa gabung di fanpage BM1 https://www.facebook.com/bm1oil/

Terima kasih, selamat beraktivitas kembali

joko sunarto said...

Bos buat tiger revo thn 2010 cocok gak bos yg pc 1000 sae 15-50

Anonymous said...

cocok bro, untuk motor yg usianya lebih 5 tahun sae 15-50, bagi motor yang usianya dibawah 5 tahun pake yg oli lebih encer sae 10 30 atau sae 10 40

Ajie Nurkito said...

Pake BM1 matic bsa ya?.

Bang putra (mekanik mobil) said...

Kemaren saya beli harganya 50 ribu..
Betul apa gak mas.
Yang 1 liter bwt motor cb 150 r all new

Unknown said...

Kalo untuk motor H beat matic bs ga yah pake BM 1 pc 1000

Unknown said...

Kalo untuk H Beat matic bisa ga pake BM 1 pc 1000

Unknown said...

Ohh cb yg dohc nya ngelotok ngelotok itu ya?

Unknown said...

ane pake oli bm1 15w 50 di tiger kok getarannya ga seperti oli biasanya ya om .. sebelumnya ane pake shell 15w 40
pencerahnya om gmna

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com