31 January 2012

Stabilizer Stang Satria F di Jupiter Mx, Redam Getaran Gaya Oke

. 31 January 2012

Sepeda motor standar dari pabrikan sudah diberikan performa yang cukup sebagai alat berkendara agar mampu mengantarkan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Bila ada yang kurang puas dengan performa standarnya maka bisa upgrade atau bahasa lainnya adalah korek performanya. Biasanya setelah peningkatan tenaga, getaran mesin akan ikut bertambah. Ada salah satu cara nih agar getaran mesin bisa lumayan teredam.

Cara paling simpel adalah dengan memakai stabilizer atau jalu stang yang lebih berat dari standarnya. Yang jadi kelinci percobaanya adalah Yamaha Jupiter Mx yang telah bore up 150cc. Stabilizer stang pengganti aslinya untuk Suzuki Satria Fu namun versi variasinya yang seharga Rp 35.000 karena lebih berat dan lebih besar dari standar Satria fu dan pastinya Jupiter Mx juga.(Memangnya bisa stabilizer stang Satria fu di Jupiter mx?)

gambar 1


Tentu bisa dung tapi tentunya ada sedikit perubahan ya ^_^. Tenang saja tidak banyak kok perubahannya, pertama kali yang harus diubah adalah bautnya. Satria Fu punya baut yang panjang(gambar1), sementara Jupiter mx bautnya pendek(gambar2) sehingga harus pakai baut yang panjangnya hanya setengahnya dari baut Satria Fu. Jadi yang dipakai dari stabilizer Satria Fu hanya jalu serta bantalan karet yang pendek sehingga jadinya seperti gambar 3 dan 4.

Baut penggantinya sebenarnya yang paling bagus adalah baut L namun sayang terlalu panjang sehingga OM memakai baut Plus saja. Bahan sudah siap dan tinggal pasang. Hasilnya getaran bisa diminimalisir dan juga lebih gaya karena lapisan chromenya bagus dan tahan lama.
gambar 2
gambar 3

gambar 4




catatan:bagi yang baru pertama kali melepas stabilizer stang standarnya, OM sarankan ke bengkel saja karena masih sangat keras sekali sehingga dibutuhkan peralatan yang lebih memadai. Jadi minta sekalian pasang saja di bengkelnya.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com