16 September 2012

Tips Membuka Tutup Lubang Intip Tanda Top

. 16 September 2012

Penyetelan klep biasanya dilakukan jika jarak tempuh sudah melewati angka 10000 kilometer atau tiap 10000km dan bisa juga dilakukan bila suara klep sudah terdengar mulai kendor(tentunya setelah memastikan itu bukan suara keteng yang kendor ya). Untuk menyetel klep, maka piston harus berada pada posisi Top alias pada keadaan Titik Mati Atas(TMA) dan juga klep dalam keadaan menutup semua. 

Untuk memastikan piston sedang TOP, pabrikan telah memberikan tanda dan seperti yang ada di Jupiter Mx lawas, tanda TOP terletak di sebelah kiri mesin,tepatnya di bak magnet.Sudah disediakan lubang untuk melihat tanda TOP tapi tentunya harus melepas penutupnya terlebih dahulu.Agak unik rupanya penutupnya karena dudukan sebagai tempat obeng min memutarnya kurang dalam sehingga bila tidak hati-hati justru akan merusaknya. 

Ditambah lagi bidang obeng min yang sebagai tumpuan untuk memutar hanya sedikit, semakin besar kemungkinannya untuk merusak penutup lubang intip tanda TOP tersebut akan semakin besar. OM mempunyai tips agar penutup tersebut tidak rusak. Caranya cukup menyediakan uang logam lima ratus rupiah yang berwarna kuning dan jangan yang berwarna perak karena ketebalan uang logam lima ratus rupiah sudah pas dengan lebarnya dudukan penutup lubang intip TOP. Bidang uang logam yang bertugas untuk memutar lubang intipnya juga lebih luas sehingga bisa meminimalisir kerusakannya. 



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com