27 October 2012

Review STP Octane Booster

. 27 October 2012


Harga BBM oktan 92 ke atas masih saja tinggi, agak pusing juga bagi speedlover yang pacuannya punya kompresi yang mengharuskan untuk minum BBM minimal oktan 92. Musti cari cara untuk bisa mengakalinya dan untuk yang harus minum minimal BBM oktan 92, bisa mengakalinya dengan mencampur Premium dengan Pertamax Plus dalam takaran yang sama. Bila Premium 1 liter maka Pertamx Plus juga satu liter, pokoknya perbandingannya 50:50 dengan toleransi perbedaannya adalah 0,05 liter. 

Nah untuk bebek dan matik bisa pakai perbandingan Premium beli Rp 5.000 (1,11 liter) dan Pertamax Plus Rp 12.000 (1,137 liter) sehingga total BBM yang didapat dengan uang Rp 17.000 adalah 2,248 liter dengan tingkat toleransi perbedaannya adalah 0,026, masih aman. Harga per liternya adalah Rp 7.562 dan lebih murah daripada beli BBM asli yang oktannya 92 dengan jumlah bbm yang didapat hanya 1,73 liter. 

Nah ada cara lain bagi para speedlover yang lagi cekak(sulit) keuangannya, yaitu dengan pemakaian Octane Booster.Octane Booster yang akan OM tes adalah STP Octane Booster(SOB) dengan harga per botolnya adalah Rp 40.000. Botol berwarna orange dengan bentuk botol yang mudah digenggam. Dilihat dari keterangannya 1 botol yang isinya sebanyak 155ml bisa dipakai untuk 60 liter BBM. Berarti untuk 1 liter BBM membutuhkan 2,58 ml atau kita genapkan saja jadi 3 ml SOB.Cara membuka tutup botolnya adalah dengan diputar berlawanan arah jarum jam sambil menekan tutup botolnya. Tutup botol sudah terbuka maka akan didapati segel dan lubangi segel agar cairan SOB bisa keluar.  Lalu bagaimana caranya agar bisa memakai SOB sesuai dengan BBM yang ada ditangki?

OM kebetulan mempunyai gelas takar obat batuk sirup, OM lupa mereknya tapi kalau tidak salah obat batuk sirupnya itu "Fix Formula 44" yang botolnya ukuran 30 ml.Pada gelas takar itu terdapat tingkatan mulai dari 2.5ml ,5ml , 7.5ml hingga 10ml. Bagi mas bro mba sist yang belum mempunyai gelas takar, bisa mencoba obat batuk sirup tersebut, harganya tidak sampai Rp 7.000 tapi sambil berdoa ya mudah-mudahan masih ada gelas takarnya...hehehe. Kemudian tinggal menyesuaikan dengan seberapa banyak BBM yang ingin dicampur dengan SOB. Tadi sudah kita dapatkan 1 liter membutuhkan 3 ml SOB, maka tinggal tuangkan SOB ke gelas takar dikisaran 2,5ml lebih dikit. 

Banyaknya SOB tinggal disesuaikan dengan banyaknya BBM, bila 3 liter BBM maka dicampur dengan 12ml SOB.Mudah kan?Untuk yang mau cadangan bila suatu saat ingin nempuh jarak jauh, bisa gunakan botol minyak angin yang tentunya sudah dibersihkan ya yang berukuran ml.Kenapa OM memilih botol tersebut?Karena selain ukurannya 30ml, bentuk botolnya tidak makan tempat dan bila ingin mencampurkan SOB ke tangki,tinggal buka tutup botolnya yang sudah berjenis flip plop yang tentunya tidak mudah tumpah dan tinggal pencet badan botol maka SOB akan keluar dengan mudahnya.

Bagaimana dengan khasiat SOB?Bila OM bandingkan dengan saat memakai full premium, 1 tingkat lebih baik tapi masih dibawah khasiat Pertamax.Dilihat dari warna busi menjadi lebih gelap daripada saat memakai full premium. Lebih tepatnya hasilnya mirip dengan pencampuran antara premium dengan pertamax yang biasa disebut premium plus. Lumayan lah dengan kondisi keuangan yang lagi cekak. Kita ke hitung-hitungan lagi yuk. 1 botol SOB yang berisi 155ml berharga Rp 40.000,jadi untuk 1 ml berharga Rp 258,1 dan untuk 1 liternya butuh 3ml SOB, jadi Rp 774,2. Harga premium per liter adalah Rp 4.500 ditambah dengan SOB yang dibutuhkan adalah Rp 774,2,maka total per liternya adalah Rp 5.274,2.
contoh takaran SOB 

Nah untuk speedlover, pemakaian SOB bisa dijadikan pilihan bila keuangan sedang cekak tapi jika sudah sehat lagi,usahakan pakai pertamax asli atau minimal yang oplosan ya.

Persediaan SOB untuk jarak jauh

6 comments:

Anonymous said...

gan kayaknya pake spuit atau jarum suntik medis juga bisa. pake aja ukuran yg 10 cc/ml kan nda susah2 beli Fix formula 44 heheehe

OprekMotore said...

hehehe...iya bro bisa pakai itu.tadinya juga mau pakai spuit tp mnt yg bekas kdng ga dikasih dgn alsn takut disalah gunakan. jdnya pakai alat yg ada,kebetulan ada itu, jd ya manfaatkan yg ada deh...hehehe.

oh iya buat mas bro mba sist yg lain,bs pakai jarum suntik kok. klo udh dpt, tinggal coblos saja seal pelindungnya dengan jarum suntik lalu tarik. mirip kyk suster ngambil cairan untuk disuntikan ke tubuh.

Japan Energy Indonesia - Octan Booster said...

ada juga octan booster dengan merk Japan Energy http://www.jeindonesia.com, dengan harga yg relatif murah, bersertifikasi dan multi fungsi yaitu bisa digunakan untuk bensin premium dan solar...

sehingga kadar octan bensin premium bisa ditingkatkan setara pertamax atau pertamax plus..

Saya sudah pernah mencobanya, dan sangat memuaskan,, untuk merk yang agan review (STP)saya belum pernah coba.. thx

AnggaRobert said...

OM coba Produk dalam negeri berkualitas, HI OCTAN. Octan booster karya anak2 ITB. Cukup tambah 1ml per 1 liter Bensin, RON naek ke 92,6. Cost cuma abis 400 perak per liter, untuk jadi PERTAMAX. UDah lulus LEMIGAS dan PETROLAB. cek webnya; WWW.HI-OCTAN.COM. Lihat testinya; yang ngisi dari importir motor balap, dekan ITB, dokter sampai mantan kepala instruktur ATPM otomotif Jepang ternama! Buat OM GRATIS TIS TIS TIS!!!! silahkan kontak ke nomor 082120059925 (robert). *Promo terbatas*
TERSEDIA Hi Octan Racing Edition!!
Tambah seceng! (rp.1000) OKTAN 100 !! Wuzzzz wuzzzz wuuuzzz!

WWW.HI-OCTAN.COM
082120059925

OprekMotore said...

@Japan Energy Indonesia - Octan Booster :

@angga:

dimana OM bisa mendapatkannya agar bisa direview?

Unknown said...

bro itu anda make motor apa? 1lt 3ml ya?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com