28 October 2012

Sepeda Motor Berinjeksi Tanpa Kick Stater, Pengaruh Tidak Ya?

. 28 October 2012

Tidak ada Kick Staternya kan
Untuk menyalakan mesin motor, kita telah terbiasa dengan dua cara yaitu dengan cara kick stater(selah) dan elektrik stater.Pada awalnya hanya ada kick stater saja namun seiring dengan perkembangan zaman,maka elektrik stater hadir menemani kick stater sebagai pilihan untuk menyalakan mesin. Namun kini ada sepeda motor yang hanya dibekali oleh elektrik stater, sepeda motor tersebut adalah Yamaha New V-ixion. Memang belum keluar produknya tapi bila sebentar lagi keluar maka akan menjadi motor lokal tanpa kick stater.Banyak yang kecewa dan meminta agar kick stater dihadirkan kembali. Sebenarnya pengaruh banget ga ya kalau tidak ada kick stater?

Alasan utama mereka yang kecewa dengan tidak adanya kick stater adalah takut tidak bisa menyalakan mesin bila suatu saat aki ngedrop.Jika ini alasan utamanya,maka ada baiknya harus pastikan kondisi aki dalam keadaan sehat walafiat selalu? Kenapa bisa begitu?Karena dalam kasus ini, Yamaha New V-ixion sudah mengusung sistem pengabutan injeksi yang pastinya butuh aki dalam kondisi yang siap tempur karena bila tidak, bisa-bisa sensor-sensor yang ada dalam sistem injeksi tidak bisa bekerja secara optimal. Seperti ECU, Fuel Pump, O2 Sensor dan sensor injeksi lainnya butuh pasokan listrik yang stabil. 

Bila aki lemah,mungkin memang bisa dinyalakan pakai cara kick stater tapi sensor-sensor injeksi bisa rusak lebih cepat. Ibaratnya seperti pada perangkat elektronik yang tegangan arusnya sering naik turun. Jadi mungkin itulah salah satu penyebab kenapa Yamaha tidak menghadirkan kick stater di New V-ixion dan mungkin bisa juga itulah alasan kenapa pabrikan yang memproduksi sportbike modern hanya menghadirkan elektrik stater. Lagipula dengan memastikan aki dalam kondisi sehat selalu,kita malah justru diuntungkan karena kita tidak menyiksa sensor injeksi secara langsung. Lalu apa gejalanya kalau aki sudah tidak sehat?

Paling mudah cobalah tekan tombol klakson dan dengarlah suaranya, kalau suaranya "nguuuk..nguuuk" atau minimal sudah tidak kencang maka itu pertanda aki sudah mulai lemah. Jika aki basah, maka segeralah disetrum ulang namun bila aki kering ada baiknya diganti baru. Nah ada lagi kan keuntungannya, tidak lucu kan kita naik motor keren tapi begitu pencet tombol klakson bunyinya malah "nguuk...nguuk", menghindarkan kita dari rasa malu. Keuntungan lainnya adalah memuluskan perjalanan, ibarat manusia bila raganya sehat maka bisa berlari cepat dan berjalan jauh, sama dengan aki yang bila sehat maka performa akan stabil dan bisa berjalan jauh.So,sepeda motor injeksi tanpa kick stater?Tidak terlalu berpengaruh lah yaw.


foto:motorplus.online

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com