27 October 2012

Value Semakin Banyak Tapi Ketampanan Berkurang

. 27 October 2012


Yamaha New V-ixion tidak akan lama lagi akan diluncurkan dan sudah banyak spyshot yang ditebar bahkan sekarang rupa asli dari new V-ixion sudah nampak jelas. Lalu bagaimana menurut OM?Dari desain keseluruhan , ada beberapa titik yang mengganjal ketampanan New V-ixion. Berikut yang mengganjal ketampanan New V-ixion.


1. Mulai dari bagian kepala terlebih dahulu ya. Penempatan tempat plat nomor polisi ada diatas headlamp,padahal lebih sporty bila diletakan dibawah headlamp. YIMM selaku ATPM Yamaha cukup PD karena Byson yang letak plat nopolnya juga diatas headlamp tetap laris. Mungkin ada alasan lain kenapa YIMM masih ngotot menempatkannya disana.

2. Air shroudnya kurang serasi dengan bentuk tangkinya sehingga tangki yang bila dilihat dari atas nampak indah,namun bila dilihat dari samping jadi berkurang ketampanannya. Lebih cocok pakai air scoop pada V-ixion SE.

3.Headlamp dari samping rapi, cover dan visor kecilnya lah yang membuatnya lebih rapi serta simpel tapi menarik. Namun dilihat dari depan ada yang kurang, tetap simpel dan rapi tapi bentuk relefktor sedikit kebesaran. Pakai relefktor Byson dengan cover New V-ixion rasanya lebih oke karena bentuk relektor yang agak lonjong akan sesuai dengan air scoop New V-ixion yang sudah meruncing tajam.Reflektor New V-ixion juga masih serasi bila dipasang diByson.Overall headlamp New V-ixion tidak sampai terlalu berlebihan banget besarnya.Bila ada rentan batas aman dari 1-5 maka New V-ixion ini berada diambang batas aman.

4. Dan yang terakhir adalah bagian buntut alias spakbor belakang. Bagian ini juga mendapat kritik yang cukup banyak walaupun sebenarnya tidak terlalu jelek banget karena spakbor belakangnya sudah diberi garis-garis tajam. Namun memang ada baiknya spakbor belakang minimal seperti punya Byson, lebih eye catching karena kebanyakan motor laki keluaran terbaru seperti itu.Sepertinya YIMM tidak mau menghilangkan kesan V-ixion lawas sehingga buntut yang panjang masih dipertahankan.Ambil positifnya saja,ketika hujan air tidak terlalu jauh menciprat kebelakang.

Yang menjadi ciri khas Yamaha untuk tiap produk yang baru diluncurkan, striping yang diaplikasikan masih yang minimalis. Hal ini bisa dilihat pada Jupiter MX generasi awal, V-ixion generasi awal, Mio J dan sekarang New V-ixion, minimalis sekalikan?Bahkan yang OM tangkap,ada unsur elegan pada New V-ixion ini.

Walaupun ketampanannya berkurang tapi valuenya semakin banyak. Bila sebelumnya hanya ada sistem pengabutan bahan bakar secara injeksi, rangka deltabox, DiASil Cylinder + forged piston, berpendingin cairan serta shock belakang menganut monoshock. Kini makin bertambah dengan adanya speedometer yang berpaduan antara analog dengan digital,ban + velg lebar, rear disk brake,sensor O2 dan kunci kontak bermagnet.Bila OM ibaratkan pada manusia, New V-ixion ini seperti manusia yang mempunyai fisik yang biasa saja. Tidak ganteng tidak kurus tidak gemuk ya yang sedang-sedang saja tapi talenta yang dimilikinya banyak.Akankah New V-ixion akan mengulang sukses?Sepertinya akan lebih susah karena akan muncul juga lawan yang sepadan dengan New V-ixion. Terlebih lagi jika nanti sang lawan mempunyai karakter yang kuat, seperti macho, sangar dan berperforma tinggi,segmen sport bisa lepas.



foto:yimm n motorplus

1 comments:

Anonymous said...

http://harisxyz.wordpress.com/2012/10/30/honda-cb150-trellis/

sepertinya Honda CB150 akan mampu menyaingi !

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com