oprekmotore

Komparasi Mesin Honda CB150R Vs Yamaha New V-ixion


Ini dia yang menjadi topik hangat dikalangan biker, dapur pacu!Kita bahas dulu tampilan mesinnya. Honda CB150R mempunyai mesin atas yang kekar dan diperkuat dengan rangka trelisnya maka kesan gahar serta kekar memang sangat kental. Selang radiator dari radiator ke water pump juga ikut menambahkan kesan kekar, ibaratnya itu adalah urat yang terlihat saking besarnya otot tapi bisa juga dikatakan bahwa tampilannya agak semrawut alias tidak beraturan/tidak rapi. Tapi oke jugalah untuk menyamarkan ruang kosong. 

Sementara itu New V-ixion tampil lebih simpel, dilihat dari sebelah kiri baru terasa kekarnya karena disana ada waterpumpnya. Mesin atas lebih kecil dari CB150R sehingga nampak kurang gahar. Ditambah ruang kopong tidak dapat tertutupi dengan baik walaupun sebenernya CB150R juga ada. Meski kesan cungkring masih ada disektor tampilan mesin tapi lebih rapi dan beraturan. Tidak begitu terlihat selang berseliweran mengarah semrawut.Kini masuk ke dalam spek mesinnya. CB150R memgambil basis mesin CBR150 dimana sudah mngusung sistem DOHC 150cc 4 klep dengan berpendingin cairan serta dibekali 6 percepatan.

Sementara itu New V-ixion mengusung mesin 150cc SOHC 4 klep dengan pendingin cairan serta dibekali 5 percepatan. Tenaga New V-ixion diklaim naik 1,5 ps sehingga menjadi 16,59ps@8500rpm dan torsi juga ikut naik menjadi 14,1Nm@5500rpm. Tenaga CB150R masih belum pasti karena AHM masih malu-malu untuk merilis speknya. Namun jika tenaga yang keluar pada New CBR150R mencapai 17,8ps, maka ada kemungkinan besar tenaga CB150R ada diangka segitu tapi bila kita cermati apa yang terjadi pada mesin yang dilokalkan oleh AHM, biasanya ada downgrade dari basis aslinya. Contohnya pada mesin CS1, terjadi penurunan tenaga on engine. 

Mesin CS1 mengambil basis mesin Honda Sonic namun dilokalkan oleh AHM dan tenaganya juga dipangkas hingga 1dk. Bila hal tersebut juga terjadi pada CB150R, maka tenaga yang keluar dikisaran 16,8ps - 17,8ps. Wah tidak beda jauh ya tenaga CB150R dengan New V-ixion. Artinya di atas kertas performa mesin V-ixion tidak terlalu jelek banget lah bila dibandingkan dengan CB150R. Tinggal melihat Power To Weight Rationya dah, yang sepertinya sudah jelas adalah New V-ixion. Tenaga 16,59ps dengan berat isi 129kg,maka PTWRnya adalah 7,78. 1 ps menarik beban 7,78kg. Sementara CB150R masih abu-abu,ditunda dulu. 



Jadi untuk tampilan mesin, CB150R kental aura gahar dan kekar tapi kurang pintar dalam menyembunyikan selang radiator sehingga nampak semrawut. Sementara New V-ixion terlihat kurang gahar karena mesin atasnya tergolong kecil dan ruang kopongnya tidak tersamar dengan baik, namun mampu menempatkan posisi selang radiator sehingga tidak asal berseliweran dan kesan rapi nampak. Urusan spek mesin, CB150R lebih superior karena sudah dibekali sistem DOHC 4 klep, overbore serta 6 percepatan. Ditambah lagi dengan ukuran ban dan velg yang lebih kecil dari New V-ixion, membuat gesekan antara ban dengan aspal bisa diminimalisir. Sedangkan New V-ixion ada 1 tingkat dibawahnya karena masih SOHC dan masih 5 percepatan. Untungnya SOHC New V-ixion bukanlah SOHC biasa karena sudah menganut 4 klep. Lebarnya ban dan velg sangat membantu handling serta stabilitas ditikungan maupun ditrek lurus.

Post a Comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)