09 November 2012

Yamaha New V-ixion Tanpa Kick Stater Kok Pada Ribut?

. 09 November 2012


Konsumen Indonesia memang sangat unik, hanya karena hal sepele saja bisa batal untuk meminang suatu produk. Yamaha meluncurkan New V-ixion tanpa dibekali oleh kick stater/engkol dan tidak sedikit yang kecewa. Entah karena memang takut bila suatu saat aki drop dan butuh kick stater untuk menghidupkan mesin atau memang ingin mencela. OM akan memberikan pencerahan sehingga bisa menambah wawasan.


1. Untuk orang yang masih takut ketika aki tekor, motor tidak bisa dinyalakan dengan elektrik stater sehingga butuh engkol. Motor injeksi beda dengan motor karbu, pada sistem injeksi mengandalkan banyak sensor yang butuh pasokan arus listrik yang stabil.Bila aki tekor maka tentunya sensor-sensornya tidak bisa bekerja secara optimal.Contohnya seperti pengaliran BBM dari tangki ke sistem pengabutan dan akhirnya berujung ke ruang bakar. Pada motor karbu, BBM baru mengalir ke karbu berdasarkan kevakuman sehingga kadang susah dinyalakan terutama kektika masih dalam keadaan dingin dan baru kemudian mengalir ke ruang bakar tergantung dari bukaan gas/skep. Pada motor injeksi, mengalirnya BBM dari tangki ke Throttle Body dibantu oleh Fuel Pump yang memompa BBM secara otomatis seketika mesin menyala sehingga tidak peduli mau dalam keadaan masih dingin atau sudah panas akan mudah dinyalakan dan dilanjutkan ke injector untuk menyemprotkan BBM ke ruang bakar.Jadi pada motor injeksi bila maki dalam keadaan tidak prima, perangkat injeksinya tidak akan bekerja secara optimal.

2. Nah untuk orang yang memang ingin niat mencela, ayo kita flash back karena setidaknya sudah ada 3 motor injeksi dan kebetulan berkategori sport yang sudah meluncur terlebih dahulu tapi tanpa engkol. Taukah motor apa itu?Yang pertama adalah Honda CBR250R, yang kedua masih dari keluarga CBR yaitu CBR150R dan yang terakhir adalah Kawasaki New Ninja 250R FI.Silakan cari spek lengkapnya karena OM hanya menampilkan gambarnya saja.Lihat baik-baik ada tidak engkolnya?Tidak ada kan?Kok mereka tidak diributkan?

Honda New CBR150R
Honda CBR250R

Kawasaki New Ninja 250 FI



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com