03 May 2013

Rumor Sport 250 Full Fairing Yamaha, Apa Jadinya Jika FZR Bangkit Lagi?

. 03 May 2013


Semakin kencang berhembus rumor sport full fairing Yamaha untuk kelas 150cc dan juga 250cc.Beberapa tahun yang lalu juga sempat berhembus kencang, namun masih belum kuat karena belum didukung pernyataan dari pentolan Yamaha Indonesia. Kini pernyataan sudah dihembuskan, maka rumor semakin kuat dan kencang berhembus.Bahas yang 250cc dulu ya, kelas ini yang full fairing adalah Kawasaki Ninja 250R FI dan Honda CBR250R PGM-FI. Segmen ini Yamaha sama sekali belum memiliki line up dan menurut OM sudah saatnya YIMM memasukan sebagai flagship sport. Datang terlambat maka sudah seharusnya YIMM menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik. Fitur, teknologi, desain dan juga harga adalah hal-hal yang sangat sulit untuk diputuskan. 

Datang terlambat juga tentunya harus membawa sesuatu yang berbeda dan juga bisa diterima masyarakat. Nah bagaimana jadinya bila ternyata Yamaha membangkitkan kembali varian FZR 3LN?FZR 3LN merupakan varian sport 250cc 4tak 250cc dengan empat silinder segaris, ingat, empat silinder!Rumor yang berhembus memang belum bisa memastikan akan menggunakan berapa silinder tapi tak menutup kemungkinan mesin 4 silinder 250cc hadir bila Yamaha Indonesia mau membawa sesuatu yang baru. Jumlah silinder untuk kelas 250cc paling banyak hanya 2 silinder, suatu langkah yang berani dan patut diacungi 2 jempol ke atas bila YIMM mau membawa mesin 4 silinder ke Indonesia. 

Mesin 4 silinder 250cc Yamaha mempunyai piston berdiameter 48mm yang dipadu dengan langkah piston sepanjang 34,5mm sehingga menghasilkan kapasitas mesin per silindernya adalah 62cc. Dikali dengan 4 silinder maka kapasitas mesin menjadi 250cc dengan tenaga maksimal 29,4kw(39,98PS)@14000rpm!!Ediaaannn! Melebihi Kawasaki Ninja 250R dari sisi tenaga puncak, ditambah lagi putaran mesin lebih tinggi karena stroke(panjang langkah piston) yang hanya 34,5mm, tak perlu takut kruk as melinitir untuk menggapai peak power yang ada di putaran 14000rpm. Bahkan FZR sanggup mencapai 18000rpm yang berujung pada pencapaian top speed yang bisa sentuh 190km/j!(lihat grafik). Segmen 250cc lebih mengarah ke performa motor, bila tenaga besar dan juga jumlah silinder minimal 2 maka besar kemungkinan diminati. 

Harga sedikit di atas Ninja 250R juga tak akan ada masalah karena sepadan dengan jumlah silinder yang banyak yang tentunya sangat jarang ada di Indonesia ini. Suara knalpot yang stereo lebih mampu membius konsumen daripada suara mono.So, untuk YIMM tak ada salahnya melakukan gebrakan dengan 4 silinder, lagipula rancangan mesin 4 silinder 250cc sudah ada dan tinggal dicangkok sistem injeksi. Desain seperti desain "hantu" YZF250R dengan 4 silinder 250cc DOHC dan sistem injeksi bertenaga 40dk. Rasanya konsumen tak akan keberatan bila harga dikisaran 60juta.







untuk memperbesar silakan klik gambar

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com