30 June 2013

Perawatan Sarung Jok Jaring "Anti Panas"

. 30 June 2013

Berawal dari menyengatnya panas di area bokong tatkala duduk di atas jok yang terpaksa parkir di tempat parkir yang tidak memiliki atap dan motor terkena sinar matahari langsung, maka diputuskan untuk mencari "alas" jok agar bokong tidak lagi bersentuhan secara langsung dengan jok yang sudah dijemur. Setelah dapat tentunya langsung dipakai dan dites dengan "menjemur" motor. Beberapa puluh menit kemudian jok langsung diduduki dan hasilnya?Panas yang menyengat tak lagi menyerang bokong dan dites jalan, terasa sekali aliran udara yang bergerak di sela-sela jaring sehingga bagi yang baru pertama kali pakai pasti akan merasa bahwa celananya basah.

Seminggu setelah pakai sarung jok jaring terlihat masih bersih tapi karena memang penasaran akhirnya sarung jok jaring dibuka dan hasilnya? Seperti yang nampak pada gambar, debu menempel cukup banyak dan membentuk pola diamond khas jaring. Maklum banyak debu karena aliran angin berseliweran di sela-sela jaring ketika kendaraan bergerak. Sementara itu angin membawa berbagai macam partikel halus semacam debu. Nah dari gambar yang OM lampirkan bisa digunakan sebagai bahan untuk berpikirlah 2x bila ingin melepas filter udara sampai dengan boksnya atau karbunya tidak memakai filter sama sekali. Ga terbayang kan banyaknya debu yang menempel pada jok dalam waktu seminggu saja.

Bayangkan debu tersebut masuk ke ruang bakar dan apa yang terjadi?Lanjut ke pembahasan sarung jok jaring. Saatnya pembersihan,mumpung sedang libur manfaatkan waktu untuk merawat tunggangan kesayangan kita. Lebih dahulu cuci sarung jok jaringnya agar bisa cepat dijemur dan lebih cepat kering. Basahkan sarung jok jaring dengan air biasa lalu disabunin. Siapkan ember berisi air hingga setengahnya untuk membilas sarung jok jaring. Setelah dibilas ada baiknya disemprot dengan air bertekanan biar kotorannya benar-benar hilang. Bila sudah maka jemur selama satu jam bila matahari sedang bersinar dengan teriknya. Sementara sarung jok jaring sedang dijemur, saatnya membersihkan jok motornya saja bila bagian lain masih bersih. Kendaraan bersih mencerminkan kepribadian pemiliknya ^_-










1 comments:

Gose Satria said...

Thanks infonya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com