09 July 2013

4 Part Spesial Yamaha X-Ride untuk Matik YM_JET FI

. 09 July 2013

Hadirnya Yamaha X-Ride yang bergenre matik dual purpose membawa bahan-bahan subtitusi bagi pemilik matik Yamaha yang ingin mengupgrade kenyamanan matiknya.  Kenapa bisa begitu?Karena sebagai matik dual purpose, Yamaha membekali X-Ride dengan spare part yang lebih menunjang dual purposenya agar lebih optimal. Nah apa sajakah part tersebut yang bisa diaplikasikan pada matik Yamaha lainnya terutama generasi YM_JET FI Series?Yuk ditelusuri lebih lanjut.


1. Sudah menjadi ciri khas matik YM_JET FI bahwa karakter suspensi belakangnya keras walaupun joknya empuk sehingga kurang nyaman bila melewati jalanan yang rusak atau banyak polisi bobo alias poldur. Sebagai matik dual purpose, X-Ride dibekali suspensi belakang yang empuk, lebih besar dan lebih panjang. Bagi yang mau kenyamanan bertambah, bisa menebus suspensi belakang X-Ride seharga Rp 282.000 tapi sayangnya mas bro mba sist harus menunggu sampai ketersediaan stok ada atau inden terlebih dahulu.

2. Ingin membuat tampilan matik YM_JET series menjadi lebih gagah terutama bagian kaki-kaki agar lebih kuat dan padat?Bisa aplikasikan velg belakang X-Ride yang dibekali dengan lebar 2.50 inci. Ban ukuran 100/70-14 pun terpasang dengan baik dan untuk pemasangan velg tidak ada ubahan apapun alias tinggal plug n play. Sediakan mahar Rp 634.000 untuk menebusnya dan area kaki-kaki pun menjadi lebih padat dengan dibarengi meningkatkan ukuran ban depan menjadi 80/90-14.

3. Sering melewati jalanan yang macet dan butuh respon yang makin baik untuk menyalip kendaraan lebih dari empat roda?Bisa memakai roller X-Ride yang berat per rollernya hanya 8 gram. Karena  X-Ride ditujukan untuk dual purpose yang lebih mementingkan torsi di putaran bawah maka Yamaha membekalinya dengan roller yang enteng. Mesin matik standar bila ingin ganti roller memang lebih baik pilih yang ringan karena bila pilih yang berat, nafas memang lebih panjang tapi kenaikan kecepatannya pelan. Jadi lebih baik pilih yang ringan, gas buka sedikit langsung responsif sehingga tidak perlu bejek grip gas dalam.  Siapkan budget Rp 144.000 untuk menebus seluruh roller karena satu roller dihargai Rp 24.000. Namun sayangnya harus menunggu hingga ketersediaan roller ada atau bisa memakai roller aftermarket bila tidak sabar.

4. Jalanan yang sering dilalui ketika malam tiba jarang ada lampu penerangan tentunya butuh bohlam depan yang mumpuni agar lebih aman karena dapat melihat keadaan beberapa meter di depan. Bohlam depan X-Ride lebih terang dan lebih lebar sehingga jangkauan sinarnya lebih luas. Koito adalah merk bohlamnya dan Koito sudah berpengalaman dalam membuat lampu di mobil serta kapal. Tak heran bagi yang berminat menebusnya harus sediakan dana sebesar Rp 103.000 dan harus menunggu hingga ketersediaan partnya ada.

Pemakaian part dari Yamaha X-Ride ini tentunya ada beberapa yang menyebabkan efek samping, seperti pemakaian velg yang lebih lebar tentunya akan menambah berat keseluruhan. Tapak ban yang terkena aspal akan lebih banyak sehingga bisa menyebabkan tenaga berkurang dan bisa boros BBM. Bisa diakali dengan pemakaian roller yang lebih ringan walaupun top speed akan berkurang. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan. 







0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com