oprekmotore

Pasang Baut Kupu di Honda Karisma X/Supra X 125

Halo para tromolers, terutama bagi yang pengereman belakangnya masih menganut sistem tromol. Sebelum ditemukannya sistem dengan piringan cakram, sistem tromol yang dipakai bahkan hingga saat ini masih digunakan. Berbeda dengan sistem rem bercakram, sistem tromol bisa diatur tingkat kepakeman remnya dengan mudah bahkan bisa menjadi sangat pakem. Salah satu cara mengatur tingkat kepakeman rem bagian belakang adalah dengan mengatur mur kupu-kupu. Disebut mur kupu-kupu karena bentuknya seperti sayap kupu-kupu yang sedang mengepak. 


Mur ini terdapat pada sebagian besar moped Yamaha yang masih menggunakan sistem tromol pada rem belakangnya. Sementara di moped selain Yamaha lebih mengarah ke mur biasa. Tapi tenang bro, mur kupu-kupu bisa kok dipasang untuk menggantikan mur yang biasa tersebut. Mau moped, matik bahkan sport juga bisa. Selain bisa memudahkan untuk penyetal tingkat kepakeman rem, juga bisa menambah keren (walaupun sedikit) tampilan sepeda motor. Modalnya hanya lima ribu perak saja, murnya sih  antara tiga sampai 4 ribu, sisanya untuk ongkos jalan...hehehe. Jika sudah ada maka tinggal pasang. 

Cara pasangnya adalah sebagai berikut :
1. Putar berlawanan arah jarum jam mur biasa tersebut hingga lepas.
2. Dorong ke depan paha ayam bagian yang dekat dengan mur biasa atau tekan tuas rem belakang agar lebih mudah memasangkan mur kupu-kupunya.
3. Pasang mur kupu-kupu dengan cara memutar searah jarum jam hingga sesuai dengan kebutuhan.


Post a Comment

0 Comments