01 October 2013

4 Cara Memendekan Shock Depan Jupiter MX Series

. 01 October 2013

Bagi mas bro mba sist yang ingin membuat Jupiter MX Series ceper atau hanya sekedar ingin memendekkan Jupiter MXnya agar terlihat lebih sporty,bisa dengan memendekkan shock depan terlebih dahulu. Ada berbagai cara, mulai dari yang murah sampai yang cukup mahal. Setidaknya ada 4 cara yang bisa diterapkan. Yuk simak lebih lanjut.


1. Cara pertama ini bila di sepeda motor lain bisa sangat mudah dan murah. Yaitu dengan menaikkan batang shock depan ke atas. Bila di motor lain cukup melepas satu dari dua baut penahan yang ada di segitiga dan batang shock bisa lebih naik sehingga area depan bisa terlihat lebih menunduk, namun tidak demikian di Jupiter MX Series. Adanya pengganjal pada segitiganya membuat proses bubut segitiga harus dilakukan dan karenanya proses menjadi agak sulit plus nambah ongkos.

2. Cara kedua tidak terlalu mudah tapi cukup murah dan cepat prosesnya. Yaitu dengan memotong 3-5 ulir per shock depannya. Butuh waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam dengan catatan tidak ada aral melintang yang mengganggu. Biayanya juga tidak sampai membuat kantong jebol, kisaran 30ribu-50ribu rupiah.

3. Mengganti per shock depan Jupiter MX series dengan per shock depan Jupiter Z tahun 2005. Ciri Jupiter Z 2005 adalah bentuk headlamp belum menyerupai burhan (burung hantu). Pakai per shock depan yang original dan baru ya karena pakai yang abal-abal rebound jadi kacau balau walaupun pakai yang ori juga sebenarnya juga seperti itu tapi tidak parah banget. Sepasang ori harganya 30 ribu rupiah.

Ketiga cara di atas punya keunggulan murah di ongkos tapi untuk kenyamanan dan kestabilannya kurang baik. Cara yang aman dan nyaman tapi cukup mahal adalah dengan memakai inner tube dan per shock jupiter z tahun 2005. Harga HET untuk inner tube sepasang 210ribu rupiah (satunya 105ribu rupiah), per shocknya sepasang 28ribu rupiah (satunya 14ribu rupiah). total untuk partnya aja 238ribu rupiah. Ditambah ongkos pasang kisaran 250rb-260rb rupiah. Sehingga dana yang harus disediakan adalah 300ribu. Biasakan untuk melebihkan budget untuk mengantisipasi adanya kejadian tak terduga.

Sedikit tips , perhatikan dengan baik reboundnya dan tes dengan sebaik2nya. pastikan tidak ada yang mentok. Caranya adalah sebelum melakukan pemendekan shock depan, kasih beban pada shock depan dengan cara menekan motor ke depan. Enaknya sih kondisi motor tidak dalam keadaan standar tengah dan samping aktif. Seperti ketika berhenti di lampu merah saja. Saran dari OM hanya 3cm saja karena masih aman. Spakbor depan bagian paling belakang aman dari sayap paling bawah dan radiator juga tidak kepentok dengan lubang ais. Hati-hati bila terlalu ceper maka kipas radiator bisa mentok dan tidak berfungsi plus spakbor depan bagian belakang juga mentok.

6 comments:

Nanang Nasrullah said...

Kalo pakai asshock selain jupiterz 2005 bisa gak

Anonymous said...

Sesat hahah
Jupiter tahun 2005 itu buat mendekin mx lama (old)
Kalo mx baru (new) musti pake as sok mio

Unknown said...

As mio tahun brp yg cocok bos

Desta SSG said...

klo untuk mx new pake as shock mio thn berapa bro

Revel Lee said...

Inner tube pake mio smile, per pake f1zr,...untk njmx

Unknown said...

Klo pake per sohck mio nya aja bisa

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com