11 October 2013

Cara Mudah Belajar Naik Motor Kopling Manual untuk Pemula

. 11 October 2013

Belajar naik motor dengan transmisi otomatis paling mudah, cukup gas rem saja. Belajar naik motor dengan transmisi semi otomatis juga cukup mudah. Nah yang paling sulit adalah mengendarai motor berkopling manual. Bila di motor bertransmisi otomatis dan semi otomatis ada kopling ganda yang membantu mekanisme kopling. Di motor transmisi manual tidak ada yang namanya kopling ganda sehingga mekanismenya harus dilakukan sendiri, makanya dinamakan kopling manual.

Keuntungannya adalah mendapatkan respon yang lebih cepat karena tidak perlu bersinggungan lagi dengan kopling ganda dan waktu untuk mengerung/ngeden bisa diminimalisir. Semua motor baik itu otomatis, semi otomatis bahkan yang manual juga pastinya akan butuh ngerung/ngeden dulu, baru bisa berjalan. Nah enaknya motor berkopling manual adalah bisa mempersingkat waktu ngerung/ngeden sehingga bisa lebih responsif. Bagi yang tertarik untuk mengendarai motor kopling manual tapi ketika belajar malah mati-mati terus motornya, terutama ketika belajarnya melewati poldur. 

Yuk disimak cara mudah belajar naik motor kopling manual untuk pemula.

  1. Posisi mas bro mba sist sudah dalam keadaan siap untuk belajar, maksudnya sudah duduk manis di jok motor dalam keadaan mesin sudah menyala, gigi netral dan kaki menjadi penahan motor(tidak distandar tengah/samping).
  2. Tekan tuas kopling dan tekan pedal kopling untuk masuk ke gigi 1 sambil tetap terus tekan tuas kopling.
  3. Buka gas 1/4 putaran, lalu tuas kopling dibuka perlahan sampai setengahnya. Ingat, dibuka perlahan sampai setengah saja dan jangan langsung dilepas semua tuas koplingnya. Tidak apa mesin terdengar mengerung,tidak akan rusak kok.Pada tahap ini adakalanya motor bisa mati tapi mas bro mba sist harus tahu, sampai seberapa tuas kopling bila dibuka akan menyebabkan motor mati. Bila sudah tahu, maka jangan buka tuas kopling sampai bukaan segitu.
  4. Bila motor sudah berjalan sangat pelan, jangan biarkan tuas kopling dibuka penuh. Tetap biarkan diposisi itu sampai kecepatan motor 10-20kpj.
  5. Motor sudah berjalan 20kpj, maka saatnya buka tuas kopling semua.

Intinya adalah jangan takut untuk gantung kopling (buka tuas kopling setengah) yang menyebabkan mesin jadi meraung karena memang mau motor bertransmisi otomatis, semi otomatis maupun manual pasti akan meraung dulu baru jalan.
So poinnya adalah...
1. Jangan takut gantung kopling.
2. Pastikan jarak main tuas koplingnya seberapa (bukaan tuas kopling dari keadaan netral hingga menyebabkan


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com