08 November 2013

Beda Tune Up dengan Bore Up Versi OM

. 08 November 2013

Apa itu Tune Up dan apa itu Bore Up?Rupanya masih ada yang belum begitu memahaminya sehingga ada pertanyaan yang masuk ke OM, apa sih beda Tune Up dan Bore Up?Ternyata ada yang menyangka Tune Up dan Bore Up itu sama. Yuk mari kita bahas lebih lanjut.


Kita bahas dahulu tentang Tune Up. Maksud dari Tune Up sebenernya tergantung dari kondisi sepeda motor atawa kereta. Bila kondisi sepeda motor mas bro mba sist masih sehat dan bertenaga, maka Tune Up itu lebih mengarah ke penambahan tenaga dengan berbagai cara.

Sementara itu bila kondisi sepeda motor mas bro mba sist sudah ngedrop, loyo dan sudah tidak enak lagi, maka Tune Up itu lebih mengarah ke pengembalian performa sepeda motor ke performa yang semestinya. Misalnya boring sudah baret dan ring piston sudah haus plus seal klep juga demikian. Maka boring bisa dioversize sesuai kebutuhan atau tanam boring baru yang ukurannya sama, ring piston dan seal klep juga demikian.

Tapi bisa juga langsung naik ke kondisi nomor satu bila penggantian part mempunyai yang spesifikasi di atas spek standar atau melakukan modifikasi yang awalnya hanya ingin mengembalikan performa tapi sekalian menambah performa. Seperti saat sudah waktunya servis besar, skir klep dan pembersihan jalur porting dilakukan. Tapi karena ingin menambah performa, maka proses porting n polish juga dilaksanakan.

Sementara bore up itu adalah upaya untuk memperbesar kapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter seher yang digunakan. Diameter seher yang dipakai harus lebih besar dari 0s 200. Bila di bawah os 200, itu masih termasuk oversize.

Bore Up juga bisa dikatakan Tune Up kondisi pertama apabila dibarengi dengan penggantian part pendukung lainnya, seperti udah pj dan mj, noken as,knalpot n dkk. Kenapa bila bore up saja belum termasuk Tune Up?OM contohkan pada perkembangan manusia. Suplai makanan untuk bayi usia 0-6 bulan hanya dari ASI. Bila sang bayi telah menjadi anak-anak, tentunya tidak cukup hanya ASI. Butuh tambahan pasokan makanan kan? Begitu juga dengan kapasitas mesin, awalnya pasokan BBM untuk setingan kapasitas 110cc. Lalu dibore up menjadi 135cc tapi pasokan BBM masih untuk setingan kapasitas 110cc. Apakah performanya akan naik?

Semoga informasinya berguna dan perlu dingat, ini versi OM. Bila menemukan artikel lain, biasanya prosesnya beda tapi intinya sama. 

Mayuyu "AKB48"

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com