30 November 2013

Pakai Blok Set V-ixion Belum Setara V-ixion

. 30 November 2013

Yamaha Jupiter MX series telah dibekali dengan teknologi yang cukup canggih sehingga baik dari daya tahan, handling hingga performanya sangat baik dikelasnya.Namun tetap saja,yang namanya manusia pasti ada rasa kurang puasnya sehingga akan meningkatkan performanya.Ada berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan bore up menggunakan blok set V-ixion.Sayangnya,banyak yang terlalu berharap lebih.


Ketika sudah memakai blok set V-ixion (Blok silinder,piston+ring,clip,paking dan pen),banyak yang berharap performa akan seperti V-ixion. Maaf nih mas bro mba sist, dengan pemakaian blok set V-ixion saja, bukan berarti performa akan seperti v-ixion. Masih ada pembeda lain dan itu harus disamakan dulu. Seperti ini...

  1. Throttle body v-ixion punya ukuran 28mm. Sementara itu, karbu yang dipakai jupiter mx series adalah 22mm untuk old dan 25mm untuk yang baru. Jadi harus diganti dengan karbu ukuran 28mm. Paling gampang ya pakai karbu sejuta umat, Keihin pe28 dengan karet intake koso plus tali gas jupiter z., ukuran pj 40 dan mj 115
  2. Noken as v-ixion punya durasi dan tinggi lift yang lebih daripada punya jupiter mx. Ini juga harus diganti atau kalau mau lebih baik lagi ya pakai noken as racing aftermarket. 
  3. Per klep V-ixion lebih keras sedikit. Sementara mx lebih lembut. Kalau udah ganti noken as, per klep ada baiknya juga diganti yang lebih keras. Bila pakai noken as v-ixion, per klep pakai punya v-ixion juga. Kalau pakai noken as aftermarket, per klep juga diganti yang lebih keras. No 2 dan 3 adalah hal-hal yang minimal juga harus diperhatikan ketika memasang blok set V-ixion.Maksudnya adalah biar tidak dua kali kerja.
  4. Limiter V-ixion itu ada di 10500 rpm, sementara mx pada 9200 rpm saja sudah kena limiter. Maka CDI juga harus ganti, alangkah baiknya beli cdi yang programable agar limiter bisa diseting di 11000rpm saja. tapi kalau dana pas-pasan, pakai yang tidak programable juga tidak masalah. Bila CDI sudah diganti, maka pengapian bisa lebih maju dan pembakaran bisa lebih sempurna plus mesin bisa teriak lebih tinggi karena limiter juga semakin tinggi.
  5. Knalpot. pasti beda juga kan?Kalau di tempat mas bro mba sist polisinya galak-galak. Lebih baik custom knalpot bro, pipa bikin sendiri, minta diameter dalamnya lebih besar 1-2mm saja dan dibuat 3 tingkat. Untuk biayanya tergantung juga dengan bahan yang dipilih. pemakaian bahan antara plat galvanis dengan stainless steel pasti beda tapi ya kisaran 100-200rb untuk plat galvanis. Nah silincernya pakai punya satria f deh seharga 200rban. Sebenernya akan lebih baik lagi bila pakai racing / freeflow tapi ya lihat polisinya ya bro. Terutama untuk yang sering turing nih.

Jadi kesimpulannya, yang mas bro mba sist tukar itu hanya perut dari hulk. Jangan harap bakalan punya kekuatan seperti hulk kalau hanya mengandalkan perutnya saja tapi bagian lain seperti tangan, kaki dan badan tidak tuker dengan hulk. Dengan memperhatikan 5 hal di atas, minimal tenaganya setara V-ixion on the wheel tapi tentunya dengan keuntungan bobot yang lebih ringan.


2 comments:

Anonymous said...

kok bs bgtu y?

panji satya putera said...

Njmx ane udh pake blok vixion , trus klep ane brisik trus apa karena per klepnya masih ori ? Kalo ganti enakan pake per vixion apa racing cld ? Terima kasih ��

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com