20 March 2014

27 – 29 Juta Rupiah Rentang Harga Logis Yamaha R15

. 20 March 2014

Jagad dunia maya roda dua digegerkan akan kedatangan motor lightsport 150cc 4tak andalan pabrikan Garputala, yaitu Yamaha YZF R15. Ditambah lagi muncul NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) R15 yang hanya Rp 18,1 juta atau hanya beda Rp 600.000 dari New V-ixion Lighting (NVL), memunculkan spekulasi bahwa harganya tidak akan jauh dari  NVL. Maunya sih kisaran 24-25 juta rupiah tapi kecil kemungkinannya bila masih mau memikirkan konsumen yang telah membeli NVL. Lalu, berapa yang logis?

Menurut OM, rentang harga yang logis ada dikisaran 27-29 juta rupiah. Ini antara memikirkan perasaan pembeli NVL dan dibarengi dengan strategi harga agar rival semakin susah untuk patok dan spesifikasi “wah”. Harga NVL KS (Kick starter) per Maret 2014 untuk on the road Jakarta dan sekitarnya, ada di angka Rp 23,2 juta. Bila beda 3 juta rupiah, itu sudah cukup logis asalkan Yamaha tidak buru-buru keruk keuntungan yang besar. 

Aman juga dari  perasaan pembeli NVL, kenapa demikian? Coba deh mas bro mba sist perhatikan kenaikan harga produk yang dulunya masih usung karburator dan kini usung injeksi.  Kebanyakan hanya naik 100-500rb rupiah saja dan itupun hanya sekedar minor change. Tapi sampai sekarang, tidak ada masalah yang berarti tuh antara pembeli yang masih usung karbu.


Selain itu masih aman juga dari terjangan Ninja RR Mono yang kabarnya akan dilepas di angka Rp 40 jutaan.  Bahkan bila muncul Ninja RR Mono versi naked dan berselisih  5 juta rupiah dari RR Mono, R15 masih aman. Jadi kesimpulannya adalah

1.  Jika YIMM mau memberikan sesuatu yang “wah” dan belum ada di Indonesia,  maka pilihan 27-29 juta rupiah adalah harga yang paling logis.

2.  Jika YIMM pilih strategi harga, maka pilihan 25-26 juta rupiah itu cukup masuk akal sekali.

3.  Bila nekat jual mulai dari 30 juta rupiah ke atas, itu adalah pertanda buruk. Ibaratnya seperti Sang Jenderal yang menyuruh prajuritnya berperang tanpa memakai baju zirah.



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com