03 April 2014

Akankah Ada Kejutan di Yamaha R15?

. 03 April 2014

OM menangkap adanya kejanggalan tetang Yamaha R15 yang akan segera meluncur pada bulan  akhir April atau awal Mei mendatang. Entah kenapa PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sepertinya akan memberikan kejutan. Tapi untuk menguatkannya harus ada bukti otentik yang jelas pada satu part, apakah itu?

Sensor O2 bro partrnya,bila ada foto yang secara gamblang memperlihatkan adanya part tersebut maka kemungkinan besar ECU akan berubah karena ada tambahan sensor yang harus dikendalikan. Sistem injeksi New V-ixion Lightning (NVL) lebih advanced daripada YZF R15 karena tipe sistem injeksinya adalah close loop. Sementara R15 masih open loop, jumlah pin dalam soket ECUnya juga lebih sedikit, yaitu hanya 126 saja. Sedangkan NVL sudah aplikasi 33 pin, lebih banyak kan?

Lalu jikalau ada, kenapa?Kalau ada maka kemungkinan Yamaha R15 v.3 akan semakin besar diluncurkan di Indonesia dan pertama kalinya. OM mencurigai R15 yang dipajang dalam Bangkok Motor Show 2014 itu adalah Yamaha R15 v.3. Om mengetahui adanya foto yang memperlihatkan spek Yamaha R15 yang ternyata versi kedua tapi tetap saja membuat OM curiga. Hal ini  berlandaskan pada event Jakarta Motor Show (JMS) tahun 2012. Ketika itu spesifikasi New V-ixion masih abu-abu walaupun sudah keluar bocorannya. Tertera spek old V-ixion dipajang di produk New V-ixion. Tapi setelah keluar sepk resminya, terjadi peingkatan drastis yang seperti bocoran.


Balik maning ke bahasan. Jika benar maka ECU R15 yang akan meluncur pada bulan April ini, bisa jadi benar-benar baru. Dan itu berarti akan ada penambahan tenaga plus bocoran info part yang baru pada R15 v.3 akan terbukti. Bila tidak benar maka kemungkinan hanya akan pakai ECU dari NVL karena disinyalir blok head dan blok silinder menggunakan part dari NVL. Itu berarti bocoran tidak tepat tapi untuk tenaga, masih abu-abu karena masih belum tahu, apakah bisa menambah tenaga?

Nampaknya kita memang harus menunggu akhir April untuk mendapatkan kepastiannya. Atau adakah mas 
bro mba sist yang punya info akurat tentang Yamaha R15 yang akan diluncurkan di Indonesia?


1 comments:

Anonymous said...

Kpn kluar?
Lma bikin bt

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com