02 May 2014

Konsumsi BBM Yamaha R15 Tembus 60kpl!

. 02 May 2014


Sebagai motor bergenre lightsport, performa adalah hal yang mutlak jadi perhatian utama. Biasanya, motor berperforma hebat akan berbanding lurus dengan borosnya konsumsi BBM. Namun tidak untuk R15. Nyatanya mampu berjalan hingga 60 Km untuk 1 liter pertamax, ah yang boneng?


Yups...dari hasil tes yang telah dilakukan oleh tim MotorPlus, pemakaian untuk berkeliling Kota hingga Monas dengan kecepatan di rentang 60-80kpj(kilometer per jam) dan dijaga tak melebihi 80kpj. Untuk 1 liter pertamax mampu untuk jarak 60 Km atau bersihnya 59,6 Km. Metodenya full to full, setelah menempuh jarak 71 Km, tangki diisi kembali hingga penuh kembali dan untuk bisa penuh kembali hanya butuh 1,19 liter. Sayangnya tidak ada info tentang spek joki yang mengetes tapi perkiraan OM sih tidak lebih dari 65 Kg beratnya. Lalu bagaimana bila dipakai dalam berbagai kondisi dan kecepatan?


Naaaahhh...saatnya kita beralih ke tes yang dilakukan oleh tim Otomotif. Enak nih spek jokinya ada, jadi kan bisa dijadikan patokan. Speknya adalah 173 cm berpadu dengan bobot 65 Kg. Metodenya sama, yaitu full to full. Dengan Shell Super, R15 diajak untuk merasakan berbagai kondisi jalan di Jakarta dan tentunya kecepatan tidak dijaga. Setelah menempuh jarak 252 Km, tangki diisi lagi hingga full dan butuh 6,6 liter. Itu artinya untuk 1 liter Shell Super bisa menempuh jarak 38,2 Km. Lebih irit sangat sedikit dari New V-ixion, padahal bobot dan tapak ban belakangnya lebih lebar. FYI, konsumsi BBM New V-ixion yang juga telah dites oleh tim Otomotif adalah 38 kpl (kilometer per liter). 

Jadi....konsumsi BBM Yamaha R15 untuk jalan santai bisa sentuh 59,6kpl. Sementara untuk kombinasi bisa sentuh 38,2kpl. Bagaimana mas bro mba sist?Irit kan?


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com