09 October 2014

Beda Dimensi Palang Velg New Jupiter MX Manual dengan Auto clutch

. 09 October 2014


Ada yang aneh ketika OM berkunjung ke website resmi Yamaha Indonesia. Jupiter MX cast wheel atau velg racing, biasanya identik dengan 5 palang dan dimensi palangnya kecil. Namun, ada yang aneh ketika mengamati gambar yang tersedia. Kini, New Jupiter MX auto clutch mempunyai dimensi palang velg yang lebih besar dibanding velg racing versi manual clutch.


Bisa kita lihat gambar di atas, velg New Jupiter MX mempunyai 5 palang dan dimensinya kecil. Hal ini berlaku untuk manual clutch dan auto clutch. Kalau masih belum ngeh (sadar bin paham), OM perjelas lagi di gambar bawah ini.


Nah...sama kan dimensi palangnya? Namun, semua berubah ketika OM melihat kembali. Tuh lihat gambar di bawah, dimensi palang velgnya berbeda kan? 


Om perjelas lagi nih bagi yang belum ngeh.


Kini, velg New Jupiter MX Auto Clutch mempunyai dimensi palang yang lebih besar. Sedangkan sebelumnya mempunyai dimensi palang yang lebih kecil. Jika mas bro mba sist tahu, rupa velg seperti yang ada di Jupiter Z1 atau New Jupiter Z karbu. Produsennya juga ternyata beda.


Yang palangnya kecil, produsennya adalah ENKEI. Sementara yang palang besar, tidak ada nama jelas produsennya tapi besar kemungkinan itu velg buatan CHEMCO. Pengalaman OM memakai velg Enkei selama 62.343 kilometer, alhamdulillah tidak ada hal buruk yang terjadi. Velg tetap kuat meskipun kadang menghajar lubang “cilukba” yang cukup dalam dengan kecepatan yang lumayan tinggi. OM juga memakai velg yang disinyalir Chemco untuk velg belakang Si Jumeko. Lupa sudah berapa lama tapi sampai sekarang masih belum ada kendala. 


So...entah kenapa YIMM menggunakan velg yang sejatinya nemplok di Jupiter Z1 ini. Kemungkinan besar adalah untuk menekan biaya produksi karena ukuran dan lebar velg New Jupiter MX auto clutch sama dengan Jupiter Z1. Beli banyak maka bisa dapat diskon makin besar kan brosist. 



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com