16 February 2015

CB150R Facelift Upgrade Ban Kudu Atur Ulang Performa

. 16 February 2015


Kuat dugaan bahwa Honda CB150R Streetfire akan mengalami facelift dalam waktu yang tidak lama lagi. Mungkin nantinya CB150R yang punya kaki-kaki “minimalis”, akan Nampak lebih sangar. Ban lebar, sangar kan? Akan tetapi pihak AHM harus hati-hati dalam menyikapi bobot dan bidang gesek yang semakin banyak.


Ada banyak pendapat bahwa CB150R performanya tidak kalah dengan New V-ixion karena ban dan velgnya yang tidak lebar sehingga bobot dan bidang geseknya bisa lebih kecil. Apalagi semakin dibuktikan dengan pemilihan final gearset yang lebih ringan daripada CBR150R. Ditambah lagi noken as yang juga diatur ulang agar akselerasinya semakin responsive. Terbukti deh dengan mampunya CB150R mengimbangi akselerasi New V-ixion dan suksesnya New V-ixion meraih top speed yang sama dengan CB150R.

Jadi menurut OM, AHM harus hati-hati karena bila ada part yang butuh penyesuaian terutama di sector performa agar dapat mengimbangi ban dan velg yang semakin gambot. Maka secara tidak langsung akan ada kesan bahwa selama ini top speed CB150R tidaklah segahar CBR150R. Dan performanya tertolong lantaran ban dan velg yang belum gambot serta adanya penyesuaian pada noken as dan final gear ratio.

Grafik CB150R Ban Standar
Namun, bila tak ada perubahan atau paling tidak minimal di sector ratio final gear, ada kemugkinan bahwa performa akan menurun tapi top speed akan meningkat. Yuk cek saja rasionya, dengan ban belakang 100/80-17 untuk belakang maka tire circumferencenya adalah 1859,2. Sementara bila dibekali dengan ban 130/70-17 maka akan menjadi 1928,3Dengan demikian bila melihat grafiknya, kenaikan top speed bisa hampir 5 kpj. Tapi itu kita juga belum tahu bagaimana akselerasinya serta penyimpangan speedometernya.

CB150R Ban Belakang 130/70-17

Semoga di facelift CB150R, AHM tidak mengecewakan. Tapi nampaknya kalaupun kecewa, tak aka nada pengaruhnya sama AHM :v     


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com