03 February 2015

Tips Menyemprotkan Pelumas Rantai yang Baik dan Efektif

. 03 February 2015


“klotak klotak” atau apapun bunyinya jelas sangat mengganggu sekali. Rantai yang kurang pelumasan akan menimbulkan suara yang berisik sehingga kadang ada sebagian besar orang yang merasa terganggu. Berikut adalah tips menyemprotkan pelumas rantai agar lebih efektif.


Paling utama adalah semprotkan pelumas rantai pada gear depan. OM sudah melakukan percobaan bahwa sumber utama biang berisiknya itu kurangnya pelumas yang ada di gear depan. Entah kenapa tapi sangat berpengaruh banget. Semprotkan pelumas pada poros as nya dan coba putar roda pasti suara berisik akan berkurang banyak sekali, ya kan?


Walaupun suara berisik sudah berkurang drastis tapi jangan pernah mengabaikan “kesehatan” rantai. Rantai itu punya tugas yang sangat berat dan penting karena “menghubungkan” tenaga dari mesin untuk memutar roda belakang. Kekuatannya itu bisa sampai ton loooh, ga kebayangkan betapa vitalnya itu rantai. Rantai yang kurang pelumas bisa memperpendek usianya, ga percaya? Gimana kalo kita eksperimen pada sendi Mas bro Mba Sis. Tanpa pelumas pada sendi, dijamin tak akan bisa bergerak dengan normal. Masih bingung? Yowes, gosokan kedua telapak tangan secara cepat sampai 5 menit dan “nikmati” sensasi yang juga terjadi pada sendi atau rantai tanpa pelumas.


Ehem...balik ke topik. Untuk itu, semprotkanlah pelumas pada bagian luar rantai seperti yang ada di gambar atas. Baiknya di dekat gear depan agar pelumasan gear depan juga bisa lebih muantab lagi. Baiknya mulai penyemprotan pada bagian sambungan rantai agar lebih mudah mengetahui apakah semua mata rantai sudah terkena pelumas atau belum.


Lakukan hal yang sama pada rantai bagian dalam. Lakukan penyemprotan hingga dua kali putaran yang ditandai oleh telah lewatnya sambungan rantai sebanyak dua kali. Ada sedikit tips...

1. Pilihlah pelumas yang kental karena lebih tahan lama untuk melumasi. Harganya cukup mahal tapi sebanding. Rantai dan gear juga jadi tidak terlalu cepat kotor.

2. Jangan lumasi rantai dan gear dengan oli mesin bekas. Pelumasan jadi kurang efektif karena kandungan olinya sudah jelek. Lagipula rantai bakalan cepat karatan plus cepat berisik lagi.

3. Kalaupun harus pakai oli mesin, pakailah oli yang masih benar-benar baru. 

4. Cek dan lumasi rantai jika perlu minimal seminggu 2 kali untuk mendapatkan kenyamanan. 
Untuk ekonomisnya cukup minimal seminggu sekali. 

1 comments:

pion said...

tipsnya sangat membantu, thanks gan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com