09 February 2015

Yamaha R6 Silincer Pendek Sangarnya Setara MV Agusta 675

. 09 February 2015


OM tertegun tatkala pertama kali mendengar suara raungan MV Agusta 675. Mesin 3 silindernya ketika dinyalakan sudah seperti suara mobil drag. Apalagi ketika digeber, suaranya sungguh sangar untuk motor standar. Tersirat potensi yang bisa dioptimalkan. Tapi semuanya runtuh ketika OM melihat video Yamaha R6 yang memakai silencer pendek.

Suaranya sangar Mas bro Mba sist, bahkan melebihi sangarnya MV Agusta 675. Baru setara jika MV Agusta 675 memakai knalpot full system. OM baru sadar bawa silencer pendeknya lah yang paling banyak berpengaruh terhadap suara. Coba perhatikan Yamaha R6 tahun 2003 ini. 


Sebelumnya memakai knalpot dengan silencer yang sangat besar, suara yang dihasilkan sangatlah merdu, ngebass, dan tentunya lebih halus. Btw2 serem juga pakai knalpot dengan silencer segede gaban begitu. Apa kagak panas ya?ckckck…


Lanjut maning ke bahasan. Setelahnya, silencer yang gedenya melebihi gede paha OM dilepaskan dan digantikan dengan silencer pendek plus panjang pipa menjadi lebih pendek. Hasilnya? Mungkin bila ada desible meter, angka yang tadinya 100db bisa langsung melonjak tinggi secara drastis. Suaranya sangar nian euy, wajar karena kini silencer tak lagi ada peredamnya sehingga suaranya bisa muntab kemana-mana.


Kesimpulannya adalah suara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, mau halus, ngebass, suara senyap, sangar, tinggal tergantung dari konstruksi silencer yang dipakai. Bila AFR diseting untuk performa maka akan menambah kenikmatan suaranya.  



Video lebih lengkapnya
www. youtube .com/watch?v=Ys9VYpT-P5w

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com