06 March 2015

All New Soul GT125 Bentuk Totalitas Yamaha

. 06 March 2015


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada tanggal 4 Maret 2015 yang lalu, dengan resmi Yamaha telah merilis matik andalan mereka yang terbaru, yaitu All New Soul GT125. Melihat rupa dari matik yang dihargai Rp 15,1 juta OTR Jakarta, terpancar totalitas Yamaha dalam menggarap produknya. Kali ini Yamaha seolah-olah tidak mau setengah hati dan itu dibuktikan dengan keluarnya Yamaha dari pakemnya selama ini. 


Paling gampang adalah dengan melihat dimensi serta desain body. Seperti sudah menjadi ciri khas matik Yamaha yang kekeuh dengan dimensi matik yang ramping. Tapi kini, mungkin karena melihat banyaknya desakan dari pada penggemarnya serta fakta bahwa matik dengan dimensi serta desain garis tegas lebih diminati, akhirnya Yamaha luluh juga. Bila dibandingkan generasi sebelumnya, All New Soul GT125 sangat layak menyandang tema muscle (otot). Perpaduan dimensi, desain body, striping serta pilihan warnanya sangat harmonis. Kesan gagah, berotot, sangar tapi tetap elegan bercampur menjadi satu kesatuan. 


Lalu untuk bagian roda juga perlu diapresiasi, ada peningkatan yang cukup berarti. Dilihat sekilas pasti tak ada kesan cungkring yang selama ini melekat pada matik Yamaha. Itu terbukti dari data yang ada. Untuk velg depan sudah memakai ukuran 1.60x14, naik satu step dari yang biasanya 1.40x14. Sayangnya Yamaha tak mengoptimalkan velg yang kini sudah lebar. Ban depan yang dipakai menggunakan ukuran 8080-14, padahal bisa memakai ukuran 8090-14. 


Bila OM analisis, kemungkinan ada hubungannya dengan ukuran ban belakang yang 10070-14. Dengan ukuran ban belakang tersebut, maka ketinggian bannya adalah 70mm. Sementara bila ban depan menggunakan ukuran 8090-14 maka tinggi bannya 72mm. Gak lucu kan tinggi ban depan lebih rendah dari yang belakang. Kalau ban belakang pakai ukuran 10080-14 maka besar kemungkinan ban depan pakai ukuran 8090-14.


Fitur yang dibenamkan pun semakin banyak, ada headlamp yang sudah LED dengan kekuatan 6,4 watt untuk lampu dekat dan 6 watt untuk lampu jauh. Bagasi sudah 14 liter dan mampu menampung helm jenis open face. Lalu seperti Mio M3 125, ada lampu ECO indikator agar kita bisa selalu berada kondisi berkendara yang ekonomis. Ditambah lagi rumah kunci kontak yang memiliki pengaman bermagnet plus bisa membuka jok. Enaknya lagi fitur seperti Parking Brake Lock, Smart Side Stand, juga ada. 


Ibarat kata pepatah, tiada gading yang tak retak. Menurut OM, ada beberapa catatan untuk All New Soul GT125. Pertama adalah shock belakang yang masih pakai generasi sebelumnya. Padahal seharusnya seperti velg belakang yang sudah adopsi dari X-Ride, shock belakang sebaiknya pakai punya X-Ride juga. Dengan demikian dimensi shocknya mampu mengimbangi dimensi body. Apalagi konsumen juga semakin dimanjakan dengan kenyamanan berkendara. 

Yang kedua ada di sektor panel speedometer. Terlalu polos dengan warna gelap. Sebaiknya ditambahkan warna silver atau putih untuk mendapatkan kesan elegan. Warna cahaya juga sebaiknya putih. Hanya itu catatan dari OM. Bagaimana menurut Mas bro Mba Sist?

3 comments:

eko setyo nugroho said...

bener om, ane punya motor ini, dan pengen ganti shock punya xride ,dan emang lebih bagus pake led putih spedometernya

jatmiko kresnatama said...

Bro.. Mau tanya.. Apakah all new soul gt 125 ini tabung shock depannya bisa diganti dengan variasi dari tabung shock keluarga mio yg lain? Misal mio m3 atau mio j? Dan apakah semua tabung variasi yg dibuat untuk mio bisa pnp untuk semua keluarga mio?

jatmiko kresnatama said...

Bro.. Mau tanya.. Apakah all new soul gt 125 ini tabung shock depannya bisa diganti dengan variasi dari tabung shock keluarga mio yg lain? Misal mio m3 atau mio j? Dan apakah semua tabung variasi yg dibuat untuk mio bisa pnp untuk semua keluarga mio?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com