05 April 2015

Kode Wilayah Samsat Cinere Depok Ciputat Balaraja dan Jakarta

. 05 April 2015


Plat nomor polisi (nopol) berawalan "B" memang merupakan kode untuk wilayah Jakarta. Namun jangan heran bila memeriksa nopol plat B di situs online (samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/) tapi malah tidak mendapati terdaftar. Cara mudah untuk mengetahui plat "B" yang asli adalah dengan memperhatikan kode huruf yang pertama setelah rombongan kode angka. 

Misalnya ada nopol B 6791 ZCX. Sekilas terlihat sebagai plat nomor dari Jakarta tapi ternyata tidak bro karena itu dari Cinere. Kode ZCXlah yang memberitahunya atau lebih tepatnya kode "Z". Kode "Z" merupakan kode wilayah Cinere. Lalu kode untuk wilayah Jakarta apa?

Untuk Jakarta Selatan itu Sxx, Jakarta Utara itu Uxx. Untuk Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat kemungkinan adalah Bxx untuk Jakbar, Txx untuk Jaktim, dan Pxx untuk Jakpus. Hehehe...maaf ya OM kurang tahu untuk wilayah Jakbar, Jaktim, dan Jakpus. Mungkin Mas bro Mba sist ada yang tahu dan mau berkenan memberitahukan OM?

Jadi, tidak semua kendaraan yang berplat B itu merupakan motor Jakarta tapi bisa jadi motor pinggiran Jakarta. Perhatikan kode 3 huruf setelah angka, terutama di huruf yang pertama. Berikut OM berikan sebagian kode wilayahnya.

Cinere itu Zxx.
Kalo Depok itu Exx.
Bekasi itu Kxx.
Ciputat itu Wxx.
Balaraja itu Nxx.


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com