06 April 2015

Cara Menggunakan Multitester – Pahami Keterangan Angka pada Layar

. 06 April 2015


Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara menggunakan multitester, lebih tepatnya untuk mengarahkan dahulu jarum penunjuknya harus menghadap ke bagian mana sehingga nantinya tidak salah ukur. Ga lucu kan kita mau mencari tegangan aki (DCV) ehh malah diarahinnya ke ohm. Nah sekarang enaknya belajar dahulu untuk memahami cara menggunakan multitester – pahami keterangan angka pada layar.


Sekarang kita beralih ke cara membaca hasil tesnya. Tapi sebelumnya kita harus tahu dahulu yang mana sih yang merupakan hasil pengukuran DCV? Perhatikan baik-baik di layarnya, ada tulisan DCV.A & ACV kan? Nah itulah deretan angka yang nantinya harus dilihat. Masih bingung? Perhatikan lagi warna tulisan DCV.A & ACV. Warna hitam kan? Kalau begitu perhatikan angka yang ada pada layar, ada yang warna biru, hitam, merah, dan hijau kan? Cocokan antara warna tulisan (lambang) dengan warna angkanya. 



Untuk semakin membantu, perhatikan gambar di atas ya, yang dilingkari merah dan nantinya ke kanan sampai ketemu garis merah adalah areanya DCV.A & ACV. 

Ada 3 tingkatan, yang pertama adalah maksimal 10V (0, 2, 4, 6, 8, 10, alias kelipatan 2). Kedua adalah maksimal 50V (0, 10, 20, 30, 40, 50, alias kelipatan 10). Dan yang paling bawah itu maksimalnya 250V (0, 50, 100, 150, 200, 250 alias kelipatan 50). Sebagai pengingat bahwa tegangan aki motor jaman sekarang itu sebagian besar ada di 12V, maka kita cukup perhatikan angka yang maksimal 50V. Itu sesuai dengan arahan dari jarum penunjuk yang menunjuk ke 50V DC. 


Untuk hasil yang lebih akurat sebenarnya lebih bagus pakai yang digital tapi untuk mengukur tegangan aki motor yang masih 12V, multitester analog masih cukup akurat kok. Kecuali jika nantinya mengukur tegangan 250V. Lebih baik pakai multitester digital. 


Weleh...weleh, sudah panjang bingitz ya? Kalau begitu cukup sampai disini dahulu cara menggunakan multitester – pahami keterangan angka pada layar nya ya. Artikel selanjutnya akan membahas cara menggunakan multitester – Mengukur tegangan aki motor. See you next artical.

1 comments:

Jason L. Trevino said...

Hello,
This multi meter machine perform very good. This analog machine produce correct result of the machine like battery, refrigerator and many other things. This is a good post.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com