03 November 2015

Beberapa Hal Yang Kudu Diperhatikan Yamaha dalam Pengembangan YZF-R15

. 03 November 2015


Kabar bahwa Yamaha sedang meracik YZF-R15 generasi terbaru atau bisa kita sebut R15 V3 semakin kencang berhembus. Apalagi ada kabar juga bahwa Yamaha telah melakukan survey dengan menggandeng komunitas motor rivalnya. Pertama kali muncul di 2011 untuk Versi 2.0, memang sudah saatnya R15 kena major change alias bukan hanya sekedar facelift. Lalu bagian apa yang sepatutnya kena rombak? Berikut merupakan analisa OM.



Yamaha kalau mau mengeluarkan R15 V3 maka desain headlampnya mending diubah deh. Dimensinya yang besar sih sebenarnya ada masalah karena rival utamnya saja juga dimensinya gede. Yang patut diperhatikan adalah desainnya yang kurang mendukung karakteristik dari desain keseluruhan. Yaaahhhh...mirip-mirip kasusnya NVL. Jadi solusinya ya buatlah desain headlamp yang mendukung desain keseluruhan. NVA dan Byson FI udah bagus tuh, desain headlampnya sudah ikut mempertegas desain keseluruhannya. Kalau perlu buat sampai terlihat "premium bike" tidak hanya dari belakang saja tapi dari depan juga.


Yang kedua revisi "kesenjangan" antara jok rider dengan bocengger. desainnya sih udah bagus tapi kenapa nunggingnya terlalu ketara? Ada motor lain yang berhasil menyembunyikan nunggingnya tapi kenapa R15 ini tak bisa? Mudah-mudahan sih di R15 V3 itu jangan terlalu nungging lah. Solusinya jangan malah masang buritan R15 V1 ke R15 V2 sehingga keluar lah R15S. Bolehlah desain buritan belakangnya masih seperti sekarang tapi revisi ketinggian jok belakangnya. 


Ketiga lebih ke printilan kecil semisal dimensi tangki agak digedein. Desain speedometer lebih di "mewah"in lagi. Soal mesin sih terserah lah mau DOHC atau SOHC tapi usahakan ukuran klep diperbesar. Masa dari 2006 (awal lahirnya Jupiter MX) sampai sekarang ukuran klep "setia" banget di 19,5mm/ 17mm? Naikin lah ke ukuran 22mm/19mm sehingga bisa perbaikin jalur flownya. Soalnya udah mentok pengembangan mesinnya, pengapian juga udah dikembangin. Jadi ya solusinya untuk pengembangan mesinnya, ukuran klep diperbesar kalo memang masih mau pake SOHC 4 klep atau langsung melangkah ke DOHC dengan umbar power yang bisa bikin tercengang. Kalo cuma 17ps atau 18ps mah msh biasa, musti 20ps biar klepek2.

cosu hanayo "myuse"



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com