14 November 2015

Kutukan "Silincer Knalpot Pendek" - Bisa Bikin Seret Penjualan?

. 14 November 2015


Dalam 2 minggu terakhir ini OM sedang merenungkan tentang adanya sebuah kutukan dalam penjualan sepeda motor di negeri yang tercinta ini, Indonesia. Dan akhirnya OM dengan mantab menyatakan bahwa adanya misteri kutukan "Silincer Knalpot Pendek"! Hiiiii....


Terlepas dari semua faktor, nyatanya motor yang silincernya pendek itu seret penjualannya. Coba perhatikan dengan baik Yamaha YZF-R25. Menyandang motor dengan tenaga terdahsyat di kelasnya, fitur speedometer yang sangat lengkap, swing arm yang besar dan bergaya, piringan cakram yang sudah full floating, bahkan ukuran shock depannya setara dengan moge 650cc. Tapi penjualan dalam negerinya seret euy dan bahkan tak sampai setengah dari rival utamanya. Dari Januari hingga Mei 2015, rivalnya telah jual 6.819 unit. Sementara R25 hanya mampu 3.397 unit saja. Ngenes kan.



Masih belum percaya? Coba tengok kabar Honda CB150R Street Fire. Kurang apa lagi coba? Embel-embel mesin DOHC tentunya menyiratkan performa yang dahsyat kala ditunggangi. Apalagi masih ada paradigma sesat bahwa sport itu kudu harus bermesin DOHC. Tapi coba lihat penjualannya, boro-boro bisa jadi "killer" rival utamanya. Buat tembus setengah dari penjualan rivalnya saja susah bingitz. Bahkan tahun 2015 adalah tahun terparah karena CB150R hanya mampu bukukan 25.533 unit pada semester 1. Sementara rival utamanya malah sukses tembus 135.742 unit! Aje gile.



Weleh...butuh bukti lagi? Perhatikan matik Yamaha yang silincer knalpotnya pendek, seret semua bro. Sebut saja Xeon RC, GT125, dan bahkan calon matik terbaru dari Yamaha juga silincernya pendek, wah calon seret juga tuh. Xeon RC saja tak masuk 10 besar pada semester 1 yang lalu. GT125 saja di urutan 10 dari 10 besar dan itu aja baru terjual 36.405 unit! Mau mengindar dari kenyataan? Tengok penjualan All New CB150R yang kini silincernya telah panjang, bisa tembus dikisaran 20.000 unit! Padahal produk lawasnya dulu tak sanggup tembus.

Aneh tapi nyata terlepas dari berbagai faktor, nyatanya motor yang penjualannya seret punya satu kesamaan. Silincer knalpotnya pendek!

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com