oprekmotore

Pemandian Air Panas Tirta Sanita – Alternatif Tempat Wisata


4 hari ke depan bakalan menjadi long weakend karena mulai libur dari tanggal 24 Desember 2015 di hari Kamis dan berlanjut sampai hari Minggu tanggal 27 Desember 2015.Biasanya sih akan banyak orang yang liburan sehingga jalanan menjadi tumpah ruah bin macet. Mas bro Mba sist juga mau liburan? Tapi malas berhadapan dengan macet? Naahhh…bisa coba nih pemandian air panas Tirta Sanita yang berlokasi di Ciseeng, Jawa Barat.


Bagi yang berdomisili di Jakarta, lebih enak masuk dari jalan Raya Parung. Sementara yang berdomisili di Tangerang, lebih cucok lewat Ciseengnya. Bisa dari arah Muncul, Puspitek, maupun dari BSD juga bisa. Untuk lebih lanjut, silakan perhatikan peta ya.


Sebelum masuk tempat parker, kita akan dicegat untuk membayar terlebih dahulu retribusi sebesar Rp 2.000 untuk motor. Sementara untuk mobil kurang tahu, biasanya sih bisa 2x lipat dari motor, jadi…anggap saja Rp 5.000. (lebih ya…)


Setelah itu begitu parkir, langsung didatangi petugas yang sambil menyerahkan karcis parkir seharga Rp 3.000 sekali masuk untuk motor dan mungkin untuk mobil Rp 6.000. Langsung bayar dan jangan sampai hilang karcisnya karena untuk bukti. Ini lantaran petugas tidak memeriksa STNK sehingga kitanya yang kudu lebih waspada.


Kemudian naik tangga menuju loket tiket. Biaya masuknya…
1. Rp 10.000 untuk dewasa di hari biasa
2. Rp 15.000 untuk dewasa di akhir pecan atau libur nasional
3. Untuk anak-anak? Lupa….hehehe…sepertinya bayar Rp 5.000


Kelar urusan beli tiket, akhirnya bisa masuk ke area juga. Sejauh mata memandang, tempatnya Nampak kurang terawat.  Banyak dedaunan yang gugur tak dibersihkan (mungkin untuk mengenang jasa para dedaunan). Wahananya juga nampak terbengkalai, kesan horror malah kental terasa. 


Fokus awalnya ingin berendam air panas  yang ada di kolam terbuka tapi sudah lama mencari, kok belum ketemu ya?Setelah perjuangan keras,akhirnya ketemu juga dengan penuh kekecewaan. Airnya sudah kering bro sist di kolam, kolamnya juga sudah kayak hancur gitu. Sayang banget…


Mau ngga mau kudu milih yag private deh alias di kamar mandi. Di dalamnya ada bak mandi yang berisikan air hangat belerang. Ada dua tipe kamar, yang ruang bilasnya besar kudu bayar Rp 15.000. Sementara yang ruang bilasnya kecil, dikenai Rp 10.000.


Durasi berendam, normalnya hanya kisaran 15-20 menit tapi jika sedang sepi dan masih kuat berendam, lebih pun tak apa. Namun jika sedang ramai, berendamnya cukup 15 menit dan 5 menit selanjutnya untuk bilas dan berkemas.

Itulah kesan dan kisah perjalanan di pemandian air panas Tirta Sanita, Ciseeng, Jawa Barat. Semoga membantu ^_^

Post a Comment

0 Comments