30 December 2015

Motor Susah Hidup di Pagi Hari - Jangan Pelit BBM

. 30 December 2015


Di pagi hari sedang buru-buru hendak pergi ke suatu tempat tapi motor susah dinyalakan. Walaupun demikian ketika di siang hari, motor dengan mudahnya dinyalakan. Kini tak perlu khawatir lagi. Cukup perhatikan 5 hal berikut ini...

1. Jangan pernah pelit sama BBM
Ini nih yang sering ane temuin, pemillik motor pada mau motornya jadi irit bensin. Alhasil setingan karbunya diseting irit. Bahkan ada yang sampai turunin spuyer dan celah klepnya dirapetin. Tapi efeknya ya sangat terasa pada saat mau nyalain motor pagi2. Solusinya?

Kembalikan ukuran spuyer pada standarnya. Celah klep juga begitu. Kemudian untuk stelan karbu, usahakan stelan angin diperkecil saja.

2. Seting Langsam pada putaran yang seharusnya
Tak jarang juga ane temuin nih yang nyeting langsamnya kagak bener. Biasanya malah dibuat rendah, padahal normalnya kurang lebih 1500rpm. Jika terlalu rendah maka efeknya ya susah untuk hidup di pagi hari. Mesin juga berpotensi sering mati ketika berkendara. Solusinya?

Stel langsam pada putaran mesin yang seharusnya. Bila mau lebih yakin maka minta bantuan ke bengkel resmi karena biasanya ada alat yang bisa membaca putaran mesin. Tapi kalau tidak ada ya andalkan filing dan bisa beda2 nih tergantung motornya apa. Pokoknya suara ketukan mesin dibuat sampai tak terlalu pelan tapi tak terlalu cepat juga.

3. Karbu banjir karbu kotor
Nah...kalau butuh waktu lama untuk menyalakannya atau bahkan malah ngga nyala2, maka kemungkinan besar karbunya banjir. Kalau yang ini solusinya kudu bongkar karbu, yaahhh...sekalian bebersih karbu saja sekalian. Usahakan lubang kecil yang ada di mulut lubang venturinya juga dibersihkan ya. Kemudian di karet yang nyambung antara karbu dengan filter juga dibersihkan plus dikeringkan.

4. Busi sudah mau habis masa baktinya
Cara mengecek gampang sebenarnya perhatikan saja sudah berapa kilometer itu busi nempel di drat busi. Tapi ane yakin ente pasti ngga nyatet. Jadi ya perhatikan baut businya dulu, kalau sudah kusam banget walaupun sudah dibersihkan, dan kayak ada warna putih2 gitu, maka itu sudah menunjukkan kemampuan busi berkurang alias ya masa baktinya sudah mau habis. Agar lebih yakin lagi ya musti tes percikkan apinya masih bagus apa ngga.

Caranya copot busi lalu pasangkan pada cop businya. Kemudian arahkan elektrodanya dibagian mesin dengan jarak 1-2mm. Kemudian kontak pada posisi on dan pencet elektrik starter (kalo ngga ada ya kudu ngengkol bin nyela kick starter). Percikan yang bagus itu loncatan apinya tak terlalu kacau(beraturan) dan warna api biru, kalo udah kuning apalagi merah ya kudu ganti itu busi.

5. Celah Busi terlalu rapat
Jangan pernah anggap remeh nih celah busi. Biasanya busi jatuh tapi jarang ada yang ngecek lagi celah businya. Terlalu rapat juga bisa bikin motor susah hidup. Apalagi kalau rapat banget, dijamin ngga akan hidup itu mesin. Jadi stel lah celah businya pada ukuran yang normal. Tergantung jenis busi sih sebenarnya tapi rata2 0.8mm-1mm. Kalau bingung ngukurnya bisa pakai fuller gauge tapi kalau tak punya maka bisa cari kap (yang biasanya buat ngikis cat tembok atau yang kadang dipake ma tukang martabak buat angkat martabak).

Semoga bisa membantu ya bro and good luck ^_-

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com