08 February 2016

Gambaran Kasar Peta Persaingan Pembalap MotoGP 2016

. 08 February 2016


Sesi tes resmi MotoGP di sirkuit Sepang, Malaysia, resmi sudah berakhir. Dari 3 hari tes berlangsung, setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran kasar peta kekuatan para pembalap MotoGP untuk musim 2016. Disebut kasar karena ini masih tes resmi pertama yang dijalankan. Masih ada kesempatan untuk merombaknya di sesi tes resmi berikutnya. Tapi tetap penasaran kan dengan peta kekuatan MotoGP 2016?

Jorge Lorenzo sangat berpotensi untuk menjadi pembalap yang paling besar kemungkinannya untuk mempertahankan gelar juara dunianya. Kemampuannya yang semakin meningkat, bagusnya setingan motor, ditambah dengan semakin dewasanya do'i, membuat kans pertahankan gelar juara dunia terbuka lebar. Tapi...ada tapinya nih, itu bila apes tidak menghadangnya ya.


Pasukan Ducati tidak boleh dianggap enteng, bahkan bila itu bukanlah pembalap utamanya. Nyatanya dari hasil kombinasi tes 3 hari, Ducati berhasil "menancapkan" dua pembalapnya di 3 teratas yang tercepat di sesi tes resmi MotoGP ini. Sebut saja Danilo Petrucci dari tim Octo Pramac Yakhnich dan Hector Barbera dari tim Avintia Racing. Bila bisa konsisten, tentu tak perlu heran jika bisa menjadi kuda hitam.


Bagaimana dengan Honda? Melihat Marc Marquez sebagai pembalap Honda yang paling cepat, tertinggal hingga 1 detik tentu sangat perlu ada banyak ubahan agar mampu lebih kompetitif. Nampaknya pasukan Honda masih ada kendala dengan ECU yang hampir seragam ini. Semoga di sesi tes resmi berikutnya, bisa dapatkan hasil yang lebih baik lagi, amin.


Pembalap Suzuki masih lebih banyak lagi yang harus diubah agar bisa bejaban dengan di papan tengah. Tertinggal lebih dari 1.5 detik, tentu bisa membuat pusing 7 keliling. Bila seamless gearbox telah dipasang, mungkin lebih baik tenaganya bisa ditambah lagi agar bisa bersaing di sirkuit yang butuh umbaran performa mesin. 


Begitulah setidaknya gambaran kasar peta persaingan MotoGP 2016. Semoga di sesi tes resmi berikutnya, yang belum baik bisa meraih hasil yang lebih baik dan yang sudah baik, semakin baik lagi, amin. 

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com