02 March 2016

Ukuran Klep All New Satria F150 FI Injeksi - Besarnyaaaaa

. 02 March 2016


Ketika mengetahui kenaikan tenaga Satria F150 yang mencapai 2dk lebih dari versi karbunya, OM bisa langsung menduga bahwa ada part yang mengalami kenaikan ukuran sehingga peningkatannya jadi bisa lebih besar. Dan seperti yang sudah jadi rahasia umum bahwa salah satu kuncian untuk menaikkan tenaga pada mesin 4tak ada di silinder head. Ukuran klep All New Satria F150 FI Injeksi jadi salah satu targetnya.


Ukuran klep  Satria F150 Karbu
IN = 22mm
OUT = 19mm
Sudut klep in dan out 20 derajat

Ukuran klep All New Satria F150 FI Injeksi
IN = 24mm
OUT = 21mm
Sudut klep in 16 derajat dan klep out 17 derajat

Yups...masing-masing mengalami kenaikkan hingga 2mm. Efeknya apa dengan mengganti klep yang ukurannya lebih lebar? Efisiensi volumetrik jadi lebih baik. Pasokan campuran bahan bakar dan udara yang masuk jadi lebih banyak. Bahkan jika jalur in dan out dibenahi maka akan mempercepat masuknya campuran bahan bakar tersebut. Apalagi kompresi juga meningkat dari sebelumnya, udah deh yang masuk ke ruang bakar jadi lebih cepat.


Tentu jika dibarengi dengan pengapian yang bagus dari kombinasi ECU, koil, dan busi maka pembakaran bisa lebih sempurna. Maklum, campuran bahan bakar dan udara yang masuk sudah lebih banyak plus lebih cepat. Jadi jika tak dibarengi dengan pengapian yang bagus maka campuran udara dan bahan bakar tidak terbakar habis. 

Makanya tak heran bila pipa knalpot All New Satria F150 FI juga mengalami pembesaran. Itu demi mengimbangi sisa gas buang yang juga semakin meningkat. Jadi, tak heran kan kalau daerah silinder head merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan tenaga di mesin 4tak. 

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com