13 August 2016

Adakah ABS pada Yamaha NVX 150? Maybe Yes Maybe No

. 13 August 2016


Yamaha Vietnam telah merilis teaser super sport matic bongsor yang dimensinya 11 12 dengan Yamaha NMAX. Bahkan kapasitas mesinnya diperkirakan juga sama, tak terkecuali dengan fitur-fitur yang telah ada di NMAX dan enaknya adalah adanya tambahan fitur SSS yang serupa dengan ISSnya rival abadi. Namun abaikan sejenak mengenai itu, bila memang fitur-fitur yang telah ada di NMAX ada juga di NVX 150, maka ada satu keanehan.

Digadang-gadang Yamaha NVX 150 juga akan disematkan fitur safety yang amat sangat berguna bila rem mendadak. Yups....apalagi kalau bukan ABS. Jelas kepanjangannya bukan Asal Berhenti Saja ya tapi Antilock Brake System. Umumnya piranti ini disematkan ada pengereman depan dan belakang. Dan tentunya dibekali dengan piringan cakram. Dengan demikian, bagi yang sudah melihat video teaser Yamaha NVX 150 akan ragu dengan adanya fitur ABS. Mengapa demikian?

Lah wong piringan cakram belakang nihil di Yamaha NVX 150. Sudah OM perhatikan dengan baik dan memang tidak ada piringan cakram di rem belakang.  Hal ini diperkuat dengan adanya pegas yang biasanya nongol di batang rem yang masih usung tipe pengereman tromol.  Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar. Lalu apakah ini berarti ABS memang akan absen di Yamaha NVX 150?

Seperti judul, bisa iya bisa tidak. ABS bisa dibilang absen di Yamaha NVX 150 bila nantinya Yamaha mau menempatkan NVX 150 di bawah Yamaha NMAX non ABS. Seperti yang kita tahu bahwa Honda Vario 150 masih belum ada rival utamanya. Yamaha Aerox 125 tentu bukanlah rival utama. Paling mendekati ya Yamaha NMAX 150 tapi apalagi yang mau disunat fiturnya? Piringan Cakram belakangnya? Memangnya bisa berkurang berapa? Nah....Yamaha NVX 150 bisa menjawab permasalahan tersebut.

Tapi ABS juga bisa hadir di Yamaha NVX 150 bila tujuan Yamaha bukan untuk menghadang laju Honda Vario 150. Looh...tapi kan rem belakang NVX 150 masih tromol, apa bisa fitur ABS hadir? Bisa saja Mas bro Mba sist, coba ingat kembali Piaggio Liberty 150. Atau coba deh tanya kepada mbah gugel untuk dapatkan info lebih lanjut.

Meskipun Piaggio Liberty 150 pengereman belakangnya masih usung tromol, akan tetapi sudah ada fitur ABS. Pihak Piaggio sendiri menyebutnya ABS 1 channel yang artinya fitur ABS hanya disematkan pada pengereman depan. Monggo diperhatikan baik-baik gambar Piaggio Liberty 150 yang sudah OM hadirkan dimari. Ada ciri khusus di piringan cakram depannya sebagai tanda bahwa sudah ABS tapi rem belakangnya masih tromol kan?

Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kan bahwa Yamaha NVX 150 akan ada fitur ABSnya? Jika benar maka Yamaha akan bisa mempopulerkannya, apalagi jika bandrol harganya masuk akal. Piye Mas bro Mba sist? 


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com