18 October 2018

Subtitusi Tutup Radiator Jupiter MX 135LC

. 18 October 2018


Assalamualaikum, Mas bro Mba sist. Agar cairan radiator dalam radiator tidak tumpah, dan menjaga kevakuman agar cairan radiator semakin bagus bergeraknya, maka dibutuhkanlah penutup. Nah....
Jumeko yang sudah berusia 8 tahun dengan jam terbang mencapai 110.000 km. Ditambah lagi harus mampu melayani permintaan Sang Empunya yang doyan banget memacu pada kecepatan tinggi, membuat suhu cairan radiator di atas normal. Salah satu efeknya membuat karet pada tutupnya sudah melar. Dan entah berefek juga pada cairan pada tabung resevoir yang cepat habis atau tidak. Karena itu, niatlah untuk membeli tutup radiator yang baru. Tapi.....cek harga originalnya kok mehong ya. Terus aku kudu piye?


Coba bertanya kepada Mbah Google dan mendapatkan informasi bahwa bisa memakai punya Honda Vario series. Weleh....weleh....beneran nih? Melihat kode yang ada pada tutup radiatornya sih memang sama yang berarti memungkinkan untuk bisa subtitusi. Harganya pun juga begitu cocok dengan kantong, bisa hemat lebih dari 50% cooooiiii! Harga HET tutup radiator original atau yang punya nama keren Conduction Assy, dihargai Rp 163.000. Sementara di situs jual beli online, tutup radiator Honda Vario series original hanya dikenakan Rp 50.000. NANNNNIIIIIII!!!

Daripada tak ada pergerakkan sama sekali, akhirnya beranikan ambil resiko untuk membeli tutup radiator Honda vario Series. Bila PnP maka untung, bila tidak sama sekali berarti buntung. Skip....skip skip...akhirnya tutup radiatornya sampai dan langsung bandingkan dengan tutup radiator original Jupiter MX. Secara dimensi dan bentuk, hampir sama persis Mas bro Mba sist. Nanti akan kita kupas lebih dalam lagi pada artikel yang terpisah ya. Jadi, seeharusnya sih bisa langsung pasang nih, ya suteralah coba pasang daaaannnn.....alhamdulillah bisa terpasang dengan sempurna.


Sering diajak "bermain" pada putaran tinggi yang membuat suhu mesin naik sehingga cairan radiator pun suhunya ikutan naik, ditambah sehari bisa tempuh 80km dan sekarang setelah berumur 8 tahun di kilometer 113000 baru diganti. Apalagi pernah kipas radiatornya mati sehingga tingkat panasnya jadi meningkat. Karet pada tutup radiatornya sudah melar sekali Mas bro Mba sist. Bisa dilihat pada gambar di atas ya. Entah ini ada hubungannya dengan sering habisnya cairan radiator atau tidak, kita pantau saja dahulu.

So, buat Mas bro Mba sist yang ingin ganti tutup radiator Jupiter MX 135LC nya, silakan pakai punya Honda Vario Series. Lebih bersahabat dengan Si Dompet.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
×
OprekMotore | OrakArik
OprekMotore is proudly powered by Blogger.com